Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

SMPN 3 Puspo Gelar Pelatihan Kader Kesehatan Remaja

Jumat, 24 Februari 2017 - 15:07 | 98.80k
Siswa siswi SMPN 3 Puspo Satu Atap Kabupaten Pasuruan sedang mengikuti Pelatihan Kader Kesehatan Remaja di Ruang Pertemuan Puskesmas Puspo. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Siswa siswi SMPN 3 Puspo Satu Atap Kabupaten Pasuruan sedang mengikuti Pelatihan Kader Kesehatan Remaja di Ruang Pertemuan Puskesmas Puspo. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan remaja adalah melalui pelatihan.

Seperti di SMPN 3 Puspo Satu Atap Pasuruan, Selasa (21/2/2017) mengirimkan siswanya untuk mengikuti pelatihan kader kesehatan remaja yang diadakan oleh Puskesmas Puspo Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 25 siswa yang berasal dari empat sekolah menengah dan satu sekolah kejuruan.

SMPN 3 Puspo sendiri mengirimkan lima siswa terbaiknya untuk mengikuti pelatihan ini. Diharapkan setelah pelatihan, siswa dapat menularkan pengetahuannya pada teman di sekolahnya.

Materi penting dari pelatihan ini adalah tentang masalah kesehatan remaja diantaranya yaitu :

1. Jerawat dan penyakit kulit lainnya

2. Infeksi menular seksual dan hiv/aids

3. Kehamilan tidak diinginkan dan Aborsi

4. Merokok

5. Ketergantungan NAPZA (Narkotika, Zat Psikoaktif dan Zat Aditif)

Materi ini lansung disampaikan oleh dr. Herlambang selaku tim medis di Puskesmas Puspo.

"Pelatihan dikemas dengan sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kesehatan remaja. Bila perlu sering-sering  diadakan," kata Bahrul Ulum salah satu peserta pelatihan.

Sementara itu Istiqomah, wakasek marangkap pembina OSIS SMPN 3 Puspo berharap pelatihan dilaksanakan secara berkelanjutan. "Agar siswa siswi terhindar dari sikap atau perilaku negatif masalah kesehatan remaja, maka pelatihan tidak berhenti sampai disini. Tapi berkelanjutan dengan peserta dan materi pelatihan yang berbeda serta jumlah peserta yang lebih banyak," paparnya.

Kegiatan seperti sebenarnya juga pernah dilaksanakn tetapi dalam bentuk penyuluhan di SMPN 3 Puspo Satu Atap. Ini bisa dilaksanakan karena antara pihak sekolah dan Puskesmas sudah terjalin MOU atau kerjasama.

Bahkan ada kegiatan lain seperti pemeriksaan kesehatan siswa secara berkala, sosialisasi masalah kesehatan lingkungan dan lainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES