Glutera News

Ini Manfaat Latihan dengan Intesitas Tinggi

Kamis, 23 Februari 2017 - 22:55 | 47.69k
ILUSTRASI: Glutera
ILUSTRASI: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga atau latihan memang sangat disarankan bagi kita yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) dan kurang gerak untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, dibutuhkan upaya yang lebih keras lagi untuk mendapatkan manfaat kesehatan lainnya.

“Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) kemudian secara rutin bergerak bisa membantu menurunkan berat badannya dan lingkar pinggang,’’ jelas Andri Ariestianto, maestro Glutera Indonesia.

Tapi, untuk menurunkan tingkat gula darah dibutuhkan latihan dengan intensitas tinggi. Karena efeknya dalam jangka panjang bisa mengurangi faktor resiko terkena diabetes tipe 2.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/02/23/glutera-BUEAyW.jpgIlustrsi: Glutera

Andri menyebut, seorang peneliti dari Queen’s University di Ontario, Kanada, Robert Ross mengungkap melalui studi yang mereka lakukan pada sampel dengan usia pertengahan, kurang gerak, dan obesitas.

“Peneliti tersebut tidak mengharuskan sampelnya untuk berlari, tapi cukup hanya melakukan jalan cepat di atas treadmill saja,’’ jelas Andri.

Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine hasilnya mengungkap bahwa selain mendapatkan manfaat pada tingkat gula darah, sampel yang melakukan latihan dengan intensitas tinggi juga meningkatkan kualitas kardiovaskuler yang merupakan bagian penting dalam resiko kematian akibat penyakit jantung atau stroke.

Dalam penelitian tersebut, Ross dan rekan-rekannya melibatkan 300 orang dengan usia antara 40-50 tahun. Setelah enam bulan melakukan penelitian, peserta yang melakukan latihan intensitas sedang dapat menurunkan berat badan dan ukuran lingkar pinggang. Namun untuk kelompok yang latihan dalam intensitas tinggi, selain berat badan turun, mereka juga memiliki kadar gula darah yang lebih baik.

“Jika dilakukan selama bertahun-tahun, mungkin cara ini dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2,” kata Ross seperti dikutip dari Medicinenet, Selasa (03/02).

Peneliti mengatakan, jika tujuan utama adalah untuk menurunkan berat badan semua cara latihan dapat bekerja. Jika kita ingin mengontrol gula darah lebih baik, maka melakukan latihan intensitas tinggi sangat disarankan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES