Peristiwa Nasional

Gunakan Bantuan Pangan Non Tunai, Begini Caranya

Kamis, 23 Februari 2017 - 20:24 | 29.17k
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa (Foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagaimana sistem penyaluran dab penggunaan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) serentak ke 44 kota? Mensos RI Khofifah Indar Parawansa menerangkan, pada prinsipnya BPNT disalurkan oleh bank ke rekening KPM. Dana tersebut tidak dapat ditarik tunai, namun hanya dapat digunakan membeli jenis pangan yang telah ditetapkan.

"Apabila uang bantuan tidak habis pada bulan berjalan, maka uang tersebut tetap tersimpan dalam rekening KPM dan dapat digunakan berbelanja pada bulan berikutnya," ucapnya.  

BPNT dapat dipergunakan untuk membeli beras, telur, tepung dan gula. Bahan pangan tersebut disediakan oleh Bulog. Sementara lokasi pembeliannya di e-Warong yang terdiri atas e-Warong KUBE PKH, kios/warung/toko sembako yang telah menjadi agen bank, serta Rumah Pangan Kita yang telah menjadi agen bank.

"Masyarakat bisa memilih mau membeli beras kualitas seperti apa. Kualitas standar, medium, atau premium," tutur Khofifah. 

Pada tahun 2017, penyaluran BPNT dilaksanakan secara serentak di 44 kota yang terdiri dari 7 kota di Sumatera, 34 kota di Jawa dan 3 kota di wilayah timur. 

Adapun target penyaluran tahun 2017 adalah sekitar 1,286 juta KPM dengan total nilai sebesar Rp1,7 triliun. Target ini direncanakan meningkat signifikan pada tahun 2018 menjadi sekitar 10 juta keluarga penerima bantuan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES