Peristiwa Nasional

Wapres JK Ingin Masjid Juga Memakmurkan Masyarakat

Kamis, 23 Februari 2017 - 10:01 | 23.83k
Wakil Presiden RI,HM Jusuf Kalla menghadiri Milad ke-39 Masjid Istiqlal (Foto: kemenag)
Wakil Presiden RI,HM Jusuf Kalla menghadiri Milad ke-39 Masjid Istiqlal (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla menegaskan jika masjid selain berfungsi utama sebagai tempat ibadah, juga memiliki fungsi kemasyarakatan yang sangat luas dan perlu dioptimalkan.

Hal tersebut diungkapkan wapres saat menghadiri Milad ke-39 Masjid Istiqlal Jakarta pada Rabu (22/2/2017) malam WIB. Di kesempatan ini, wapres mendorong masjid dan masyarakat untuk saling memakmurkan.

"Memakmurkan masjid mempunyai makna beragam, makna utamanya tentu kita harus rajin menjalankan fungsi-fungsi ibadah, itu memakmurkan. Tetapi masjid juga harus memakmurkan masyarakat, yaitu dengan fungsi pendidikannya, fungsi ekonomi, dakwahnya, dan fungsi itu berjalan sesuai dengan zamannya," ujar wapres.

Menurutnya, di zaman dahulu masjid digunakan untuk menyusun strategi perang, pengobatan dan lainnya. Selain itu, masjid juga digunakan untuk menggerakkan masyarakat dalam pengertian pendidikan, ekonomi dan lainnya.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memakmurkan masyarakat di samping kita memakmurkan masjid," imbuhnya sembari mendorong agar masyarakat memelihara masjid dengan rasa tanggungjawab yang baik.

Khusus untuk Masjid Istiqlal, wapres berharap agar masjid kebanggaan Indonesia ini bisa memberi teladan bagi masjid lainnya, baik itu dari fungsi ibadah, sosial maupun pendidikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES