Indonesia Positif

Keahlian Perkantoran SMK Muhammadiyah Bobotsari Diuji

Rabu, 22 Februari 2017 - 17:46 | 136.09k
Siswa Administrasi Perkantoran sedang ujian praktik di SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga. (foto: alfan/ AJP.TIMES Indonesia
Siswa Administrasi Perkantoran sedang ujian praktik di SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga. (foto: alfan/ AJP.TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – SMK-SMK di Jawa Tengah telah selesai melaksanakan UKK (Uji Kompetensi Keahlian). UKK ini merupakan kegiatan praktik untuk menguji kemampuan siswa pada bidang kompetensi keahlian yang dipelajari selama 3 tahun di SMK. 

Khusus di SMK Muhammadiyah Bobotsari, ada 114 siswa yang mengikuti UKK Administrasi Perkantoran. Tim penguji-nya berasal dari Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) Cabang Surakarta. Para penguji memang didatangkan dari praktisi di bidang kesekretariatan dan memiliki sertifikat asesor berstandar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). 

Wanda Aswita, S.Pd.Ek, salah satu penguji, menuturkan materi yang diujikan antara lain praktik kecepatan mengetik, korespondensi Indonesia, korespondensi Inggris, komunikasi telepon, mengelola rapat, menangani kas kecil, menyusun agenda perjalanan bisnis pimpinan, dan menangani surat atau arsip.

“Mencari informasi melalui internet serta mengoperasikan aplikasi presentasi sebagai materi terakhir yang diujikan. Ujian berlangsung selama 8 jam, menggunakan 3 Laboratorium Komputer,” tambah Wanda.  

Sebelumnya, siswa sudah melaksanakan uji praktik latihan selama 2 kali pertemuan. "Lewat latihan ini diharapkan agar siswa mampu beradaptasi dengan penguji pada saat uji praktik,” terang Mistiani, salah satu guru Administrasi Perkantoran.

Kasek SMK Muhammadiyah Bobotsari Toto Widiarto, S.Pd, berharap dengan adanya kegiatan ujian praktik dengan penguji dari praktisi, siswa Administrasi Perkantoran lebih siap terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya sebagai junior secretary. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES