Peristiwa Daerah

Pertama di Indonesia, Rumah Sakit Ini Punya Kartu Sakti tanpa Antre

Rabu, 22 Februari 2017 - 15:13 | 57.52k
RSUD Blambangan Banyuwangi launching kartu sakti tanpa antri, kartu Gandrung. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
RSUD Blambangan Banyuwangi launching kartu sakti tanpa antri, kartu Gandrung. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Program inovasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan, Banyuwangi, Jatim, ini patut dicontoh rumah sakit lain. Terakhir, RS milik Pemerintah Daerah ini mengeluarkan kartu sakti tanpa antre. Namanya  kartu Gandrung.

Menurut Direktur RSUD Blambangan, Banyuwangi, dr Taufik Hidayat SP.And, Gandrung adalah kependekan dari Gerakan Asuhan Nyata pada Disabilitas, Risiko Tinggi, Usia Lanjut, Veteran Pensiun dan Gravida. Dengan kata lain, kartu sakti tersebut sengaja dibuat khusus untuk meningkatkan pelayanan bagi lima jenis pasien.

Yakni pasien dari kaum disabilitas, risiko tinggi seperti penderita penyakit jantung, kencing manis dan lainya dan usia lanjut. Juga pasien dari kalangan veteran, pensiunan serta gravida atau pasien ibu hamil.

“Mereka ini adalah pasien yang membutuhkan perhatian lebih, kadang karena tenaga mereka jauh dibawah pasien lain mereka harus berada dibarisan paling belakang, dengan kartu ini hal tersebut tak akan terjadi lagi,” cetus dr Taufik Hidayat, sesaat setelah launching kartu Gandrung di ruang tunggu RSUD Blambangan Banyuwangi, Rabu (22/2/2017).

Dijelaskan, karena bebas antre, setiap berobat ke RSUD Blambangan, para pemegang kartu Gandrung akan dilayani diloket khusus. Yaitu loket 5. Lebih istimewa, RS juga menyediakan ruang tunggu berbeda yang ditandai dengan warna merah putih. Ketika baru datang, masih Taufik, si pemegang kartu sakti akan disambut petugas khusus lengkap dengan kursi roda bagi yang tidak mampu berjalan.

Petugas tersebut akan mengantar hingga ruang poliklinik tujuan, jika pasien tidak ada yang mengantar. Apabila sudah ada yang mendampingi, kursi roda bebas dipinjam.

“Fasilitas promotif dan preventif juga akan diberikan kepada pemegang kartu, bisa berbentuk pemahaman tentang pola hidup sehat, senam bersama dan lainya,” ungkap pria yang juga menjabat Ketua Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Banyuwangi ini.

Lebih memaksimalkan sosialisasi, dalam launching kartu Gandrung, pihak RSUD Blambangan menghadirkan perwakilan para pihak. Mulai dari para veteran, pensiunan, penyandang disalibitas, hingga perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes). Termasuk dari Bank BNI 46 Banyuwangi, selaku penyumbang kursi roda untuk pasien pemegang kartu Gandrung di RSUD Blambangan.

“Semoga inovasi yang dicetuskan dr Taufik Hidayat ini bisa menginspirasi para pimpinan rumah sakit di Banyuwangi dan di Indonesia,” kata Sekretaris Dinkes Banyuwangi, Luluk Kuswati.

Kepala Bank BNI 46 Banyuwangi, Yudhi Dharmawan SH MH, berharap Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk kursi roda yang diserahkan bisa mendorong peningkatan pelayanan RSUD Blambangan.

“Dan terkait kartu Gandrung, harus menjadi teladan rumah sakit lainya,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan veteran, Hadi Suminto, menyambut baik program inovasi pelayanan rumah sakit ini. Dia menginginkan peningkatan pelayanan tersebut bisa terus dilakukan di bidang lainya.

“Baru pertama kali ini, kita para veteran, pensiunan, kaum disabilitas serta ibu hamil bisa mendapat pelayanan prioritas seperti ini,” cetusnya.

Tak hanya peluncuran, program inovasi cerdas tersebut juga diperkuat dengan penanda tanganan MoU antara RSUD Blambangan dengan para pihak. Hal ini dilakukan agar program kartu Gandrung bisa terus berjalan tanpa terpengaruh adanya rotasi jabatan pimpinan rumah sakit. Dipenghujung acara, dilakukan penyerahan kartu Gandrung secara simbolis oleh Direktur RSUD Blambangan.

Bagi masyarakat, bukan perkara sulit untuk bisa mendapatkan kartu sakti tanpa antri ini. Untuk mendaftar, bisa langsung datang ke RSUD Blambangan. Kapan anda mendaftar?. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES