Indonesia Positif

STIKI Gelar Pelatihan Penulisan Ilmiah untuk Publikasi Internasional

Rabu, 22 Februari 2017 - 11:12 | 130.51k
Penulisan Artikel Ilmiah & Systematic Review untuk Publikasi Internasional
Penulisan Artikel Ilmiah & Systematic Review untuk Publikasi Internasional

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang mengelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Systematic Review untuk Publikasi Internasional. Acara ini akan digelar 4 Maret 2017 mendatang di kampus STIKI Jalan Raya Tidar 100 Kota Malang, Jawa Timur.

Hadir sebagai pembicara adalah Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Indonesia.

Ketua Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIKI, Subari, S.Kom,. M.Kom mengatakan, pelatihan bertujuan untuk membimbing dosen agar bisa membuat atau mempublikasikan karya ilmiah mereka ke level internasional.

"Harapannya, publikasi dosen sudah naik kelas pada level publikasi Internasional yang terindeks, dan ini harus menjadi atmosfir di lingkungan peneliti STIKI ke depan sesuai dengan Visi STIKI untuk dikenal di dunia Internasional," kata Subari.

Subari mengatakan, secara umum Keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional penting artinya dalam menunjang internasionalisasi universitas. Semakin tinggi jumlah publikasinya, angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat.

"Oleh karena itu, perlu peningkatan kemampuan penulisan artikel dan jurnal bagi dosen-dosen," ucapnya.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan diajak untuk mengenali standar mutu penulisan ilmiah yang layak dipublikasikan dalam jurnal internasional.

Hal ini menjadi penting karena banyak dosen yang memiliki penelitian berkualitas namun tidak memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah dengan mutu yang bagus sehingga artikelnya tidak layak untuk dimuat di dalam halaman-halaman jurnal bergengsi.

"Kalaupun memiliki produk artikel, biasanya mereka tidak mengetahui prosedur dasar pengiriman karya ilmiahnya tersebut. Karena itulah pelatihan ini digelar," ucapnya.

Subari menambahkan, selama ini publikasi artikel ilmiah menjadi salah satu dasar penilaian pemeringkatan universitas dunia. Misalnya Webometrics yang menilai bobot scholar atau jumlah publikasi elektronik semisal jurnal ilmiah diindeks oleh situs-situs jurnal internasional tertentu. (*)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan ini, dosen yang berminat bisa menghubungi Nira Radita (085755434087) dan Endah Wulandari (081805032102). Batas akhir pendaftaran 2 Maret 2017.

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Systematic Review untuk Publikasi Internasional

Pembicara : Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. (Universitas Indonesia)
Batas akhir registrasi 02 maret 2017
Kontribusi : Rp. 100.000 (snack, makan, sertifikat)
Pelaksanaan : 04 maret 2017
Pukul : 09.00 s/d 15.00 WIB
Tempat : Ruang Seminar, Gedung A lantai 2, STIKI Malang
CP :Nira Radita 085755434087
Endah Wulandari 081805032102

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES