Peristiwa Daerah

PT. Holcim Indonesia Raih Penghargaan Zero Accident

Rabu, 22 Februari 2017 - 10:59 | 89.69k
Mir Kazim Ali (kiri), General Manager PT Holcim Indonesia Tbk-Pabrik Tuban menerima penghargaanZero Accident, Selasa (21/02/2017). (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)
Mir Kazim Ali (kiri), General Manager PT Holcim Indonesia Tbk-Pabrik Tuban menerima penghargaanZero Accident, Selasa (21/02/2017). (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama dalam melaksanakan kegiatan operasinya, PT Holcim Indonesia Tbk, Pabrik Tuban menerima penghargaan Zero Accident untuk yang ketiga kalinya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Selasa (21/02/17) kemarin.

Dalam acara Pemberian Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2017 di Gedung Jatim Expo, Surabaya, itu juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, bersama 9 Kabupaten lainnya di Jawa Timur

Apresiasi atas kinerja ini diterima oleh Holcim atas 2,3 juta jam selamat yang dicapai sejak bulan November 2011 hingga Oktober 2016 tanpa fatality accident sejak dimulainya operasional pabrik Tuban.

Beragam program safety dilakukan oleh Holcim Indonesia baik untuk karyawan maupun kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasinya. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Wagub Jawa Timur, Syaifullah Yusuf kepada  General Manager Pabrik Tuban, Mir Kazim Ali.

NAMA_FILE_GAMBARMir Kazim Ali (kedua dari kiri) bersama Selamet (Perwakilan Disnaker kabpaten Tuban) dan Chairul Huda, Health &Safety Manager Tuban (paling kanan). (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)

Menurut Mir Kazim Ali, kunci dari keselamatan kerja adalah kepedulian terhadap diri sendiri dan rekan kerja disekitarnya. Di Holcim Indonesia, kepeduliaan tersebut  diwujudkan melalui beragam tindakan, antara lain dengan mengingatkan orang di sekitar kita jika ada unsafe action maupun unsafe condition yang terjadi.

Selain itu melalui pelaporan yang dilakukan secara konsisten serta beragam program untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman karyawan maupun kontraktor akan pentingnya keselamatan kerja, serangkaian kegiatan dilakukan meliputi safety day yang dilakukan 4x/tahun, peringatan bulan nasional K3, penerapan aturan dan evaluasinya, dan sebagainya.

Menurut data BPJS ketenagakerjaan, sampai dengan bulan November 2016 terjadi penurunan kecelakaan kerja  dari 110. 285 kasus di 16.082 perusahaan dari 296.271 perusahaan yang terdaftar dengan korban meninggal  530 orang menjadi 101.367 kasus di 17.069 perusahaan dari 359.724 perusahaan yang terdaftar dengan korban meninggal dunia sebanyak 2.382 orang.

Kejadian tersebut harus menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk mencegah tidak terulangnya kejadian yang sama. Melalui berbagai upaya perbaikan dan penyempurnaan saran dan prasarana pelaksanaan K3 yang akan terus dikembangkan Kementrian Ketenagakerjaan diharapkan dapat mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Holcim Indonesia akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak seluruh komponen yang ada di PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban, untuk bersama sama berkomitmen melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan Pabrik Tuban. Sehingga Budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja yang ada di wilayah PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Tuban,” papar Mir Kazim Ali. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES