Peristiwa Nasional 9 Hari Bersama Raja Salman

Bawa 1.535 Orang, Dianugerahi Bintang Kehormatan

Rabu, 22 Februari 2017 - 09:34 | 41.63k
Presiden Jokowi saat menerima anugerah bintang kohormatan dari Raja Salman. Anugerah serupa akan diberikan Jokowi pada sang raja. (foto: setkab for TIMES Indonesia)
Presiden Jokowi saat menerima anugerah bintang kohormatan dari Raja Salman. Anugerah serupa akan diberikan Jokowi pada sang raja. (foto: setkab for TIMES Indonesia)
FOKUS

9 Hari Bersama Raja Salman

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Saudi Arabia dipastikan akan berkunjung ke Indonesia pada 1 – 9 Maret 2017 mendatang. Raja Salman terlebih dahulu akan melakukan kunjungan kenegaraan pada 1-3 Maret, dan kemudian dilanjutkan dengan beristirahat di Pulau Dewata, Bali, pada tanggal 4-9 Maret mendatang.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini merupakan kunjungan yang sangat bersejarah. Sebab, kunjungan Raja Saudi Arabia terakhir  ke Indonesia, terjadi pada tahun 1970  atau 47 tahun yang lalu.

Dalam kunjungannya ke Indonesia ini, menurut Pramono, Raja Saudi Arabia itu akan membawa rombongan terbesar. “Kurang lebih 1.500 orang, 10 menteri, dan 25 pangeran,” kata Pramono di Jakarta.

Di sela kunjungan kenegaraan itu, Pemerintah Indonesia akan menganugerahkan bintang kehormatan tertinggi Republik Indonesia kepada Raja Salman. Bintang kehormatan yang sama juga pernah diberikan karena ketika melakukan kunjungan ke Saudi Arabia, Presiden Jokowi juga mendapatkan kehormatan tertinggi dari kerajaan Saudi Arabia.

Ditambahkan Pramono, bahwa untuk pertama kalinya pula, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjemput secara langsung tamu negara di bandara.

“Kenapa ini dilakukan? Karena ketika berkunjung ke Saudi Arabia, Presiden Jokowi dijemput di pintu pesawat oleh Raja Salman. Dengan demikian, hubungan ini adalah hubungan yang sangat dekat, sangat erat, sangat akrab,” terang Pramono.

Kunjungan Raja Salam ini nanti akan ditandai dengan penandatanganan investasi perminyakan Saudi Arabia, Aramco, di Cilacap dengan nilai 6 miliar dollar AS. Selain itu juga akan ada project lain yang akan ditandatangani. Kurang lebih sebesar 1 miliar dollar AS dan project-project lainnya.

“Tadi presiden mengharapkan bahwa investasi Saudi Arabia ini secara keseluruhan diharapkan bisa sampai dengan 25 miliar dollar AS,” sambung Pramono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES