Kesehatan

Ingin Tahu Arti Tanda Putih di Kuku? Baca Ini

Rabu, 22 Februari 2017 - 07:57 | 52.26k
ILUSTRASI: Tanda putih (Foto: Firdaus45)
ILUSTRASI: Tanda putih (Foto: Firdaus45)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tanda kecil bewarna putih di ujung bawah kuku Anda bukan sembarang tanda. Ia muncul bukan akibat kekurangan kalsium atau trauma kuku misalnya akibat terjepit pintu atau reaksi alergi karena cat kuku.

Tanda putih di kuku kadang muncul seiring tumbuhnya kuku. Jika seluruh badan kuku menjadi putih, maka ini pertanda munculnya masalah serius di tubuh. Anda dan sebaiknya konsultasikan hal ini ke dokter.

Seperti dilansir dari the sun.co.uk, ahli kesehatan mengatakan, tanda putih pada keseluruhan kuku bisa menjadi indikator kondisi kesehatan serius semisal sirosis, gagal ginjal atau penyakit jantung.

Tanda putih yang disebut punctate leukonychia itu bisa semakin besar seiring bertambahnya panjang kuku atau bahkan menghilang.

Sementara, jika tanda putih itu hanya tampak segaris atau hanya sedikit maka itu bisa menjadi isyarat rendahnya level protein dalam darah.

Tak hanya tanda putih, kebiasaan menggigiti kuku juga ternyata berhubungan dengan masalah kesehatan yakni infeksi dan gangguan kesehatan gigi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES