Gaya Hidup

Ingin Tahu Mengapa Pria Tak Mau Nikah? Ini Rahasianya

Rabu, 22 Februari 2017 - 03:11 | 59.99k
ILUSTRASI: Memilih Pasangan Hidup (Foto: kompas)
ILUSTRASI: Memilih Pasangan Hidup (Foto: kompas)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak jarang ditemukan seorang pria yang tak mau keburu untuk melangsungkan pernikahan bersama pasangannya atau bersama orang yang dicintainya. Mengapa? Ternyata ada beberapa rahasianya.

Jika selama ini kita berpikir bahwa kebanyakan pria yang menunda pernikahan itu disebabkan karena mereka takut akan komitmen, mungkin ada benarnya.

Namun, tak hanya hal itu yang membuat kaum pria menunda-nunda pernikahan. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang membuat pria belum ingin segera menikah meskipun sudah lama menjalin hubungan dengan seorang wanita.

Dari analisis yang dilakukan oleh Litbamg TIMES Indonesia banyak alasan mengapa pria tak keburu menikah. Pertama, pria itu bisa diakibatkan karena trauma akibat kegagalan pernikahan orang tuanya.

Karena tidak sedikit pria yang lahir dari keluarga “broken home” akibat kegagalan pernikahan orang tuanya menjadi pribadi yang takut bahkan tidak percaya akan komitmen pernikahan.

Kedua, karena masih ingin fokus pada karirnya. Ada beberapa pria yang memang merasa karir adalah pencapaian terbesar dan kesuksesan sejati bagi dirinya. Pria seperti ini biasanya menganggap harga dirinya masih dipertaruhkan bila belum memiliki karir yang bagus.

Karenanya, ia akan berusaha dan fokus pada segala hal yang dapat meningkatkan prestasinya dalam bekerja.

Ketiga adalah karena takut bosan bila sudah menikah. Hal ini, juga dialami beberapa tipe pria saat ini. Anggapan bahwa ‘bila saya menikah nanti pasti akan ada masa dimana saya merasa bosan’.

Bisa bosan akan kehidupan pernikahan yang menurut mereka sudah tidak bisa melakukan kegilaan-kegilaan yang biasa dilakukan sewaktu masih melajang, bisa juga takut merasa bosan hanya berhubungan dengan satu wanita saja.

Keempat, karena belum siap menjadi ayah. Pria yang termasuk kategori seperti ini biasanya menjadikan alasan belum siap menjadi ayah atau memiliki anak sebagai alasan kuatnya untuk menunda pernikahan.

Dalam benak mereka, memiliki anak membutuhkan tanggung jawab yang besar, biaya yang tak kecil pula, kerepotan yang luar biasa, kebebasan yang berkurang, dan lain sebagainya.

Kelima, pria itu belum yakin dengan pasangannya atau kekasihnya. Bila si pria sudah memiliki pasangan namun masih tetap menunda-nunda pernikahan bisa jadi si pria masih merasa belum yakin dengan pasangannya sekarang.

Keenam adalah merasa harus membahagiakan orang tua dan keluarga terlebih dahulu. Tipe pria seperti ini akan menunda menikah karena ingin membahagiakan kedua orang tua dan keluarga besarnya terlebih dahulu.

Biasanya pria yang seperti ini adalah pria yang menjadi tulang punggung atau seseorang yang benar-benar diharapkan dalam keluarga.

Terakhir, bisa mendapatkan kepuasan hubungan layaknya suami istri tanpa harus menikah. Yang terakhir ini memang terkesan sangat tidak baik. Namun, ada juga beberapa pria yang masuk dalam kategori seperti ini.

Mengapa? Karena pria tersebut merasa kebutuhannya sudah bisa terpenuhi tanpa harus menikah, maka ia merasa tidak ada alasan untuk terburu-buru menikah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES