Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Lingkungan

Peringati Hari Sampah, Anggota TNI Bersih-Bersih Sungai

Selasa, 21 Februari 2017 - 17:45 | 48.82k
Sejumlah anggota Koramil 0812/02 Kodim 0812 Lamongan, terjun langsung ke sungai Desa Dinoyo Kecamatan Deket, Selasa (21/2/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Sejumlah anggota Koramil 0812/02 Kodim 0812 Lamongan, terjun langsung ke sungai Desa Dinoyo Kecamatan Deket, Selasa (21/2/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Lingkungan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Sampah se-dunia yang biasa diperingati setiap tanggal 21 Februari, belum cukup populer di kalangan masyarakat. Namun, hal itu tidak berlaku bagi anggota Koramil 0812/02, Deket, Kodim 0812 Lamongan.

Bahkan, puluhan anggota Koramil 0812/02 melakukan langkah nyata dalam memperingati Hari Sampah se-dunia. Untuk memperingati Hari Sampah se-dunia melakukan bersih-bersih enceng gondok di Desa Dinoyo, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Selasa (21/2/2017). 

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/02/21/kodim-lamongan-2ardiyantoDt53h.jpgFoto: Ardiyanto/TIMES Indonesia

"Kita membersihkan sampah dan enceng gondok yang tumbuh subur di permukaan sungai. Sungai ini sebetulnya telah kita bersihkan beberapa waktu yang lalu bersama masyarakat, tapi tumbuhnya cepat, sehingga perlu penanganan ektra," ujar Danramil 0812/02 Deket Kapten Kav Taruji.

Aksi bersih-bersih sungai dari enceng gondok dan sampah ini mendapat respon warga. Menurutnya puluhan orang yang hadir cukup bersemangat membersihkan dan memunguti sampah dan enceng gondok di sepanjang sungai. 

"Buktinya warga, Muspika dan beberapa orang pelajar sekolah ikut juga membersihkan," kata Kapten Kav Taruji.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/02/21/kodim-lamongan-3OGFm.jpgFoto: Ardiyanto/TIMES Indonesia

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, bertepatan dengan peringatan Hari Sampah se-Dunia ini, pihaknya memang sengaja menyelenggarakan gerakan sosial lantaran kondisi sampah dan enceng gondok yang sudah memprihatinkan.

"Kita bersihkan supaya tidak berdampak negatif bagi kehidupan warga setempat," tutur Kapten Kav Taruji.

Tak hanya itu, sambungnya, pembersihan sungai dari sampah dan enceg gondok ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan seperti sekarang ini. "Agar tidak berdampak banjir yang merugikan masyarakat," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES