Peristiwa Daerah

Kembangkan Sistem Informasi Desa, Desa Kupang Optimistis Keluar dari Ketertinggalan

Selasa, 21 Februari 2017 - 11:12 | 40.60k
Pelaksanaan pelatihan jurnalisme dan SID di Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso (Foto: Istimewa)
Pelaksanaan pelatihan jurnalisme dan SID di Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Warga Desa Kupang Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengikuti pelatihan jurnalisme warga dan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) demi peningkatan kualitas kemandirian desa.

Dengan pelatihan ini, masyarakat bisa mengelola web dan mengisi dengan konten yang berasal dari desa sendiri. Konten bisa berupa informasi potensi dan keunggulan desa serta transparansi informasi keuangan desa kepada masyarakat.

"Bukan zamannya untuk disembunyi-sembunyikan apa yang seharusnya diketahui. Dengan sistem ini juga masyarakat bisa mengetahui alokasi anggaran untuk apa saja, karena semua sudah terpublish di web desa," kata Haris Anggota Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa Kupang, Selasa (22/2/2017).

Suryono, petani di Desa Kupang yang menjadi peserta pelatihan,  mengaku antusias dalam pelatihan tersebut. Suyono optimistis, pelatihan seperti ini bisa membuat Desa Kupang lebih maju sehingga keluar dari ketertinggalan.

"Kami akan membantu semampu kami untuk kemajuan Desa kami, dan semoga dengan adanya website ini bisa keluar dari ketertinggalan," ujar Suryono.

Dalam acara ini, mahasiswa KKN Universitas Jember menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember untuk memberikan pelatihan jurnalistik kepada warga. Tak ketinggalan, Relawan TIK membantu dalam pelatihan pengelolaan web desa. Kegiata ini dihadiri oleh 20 warga dari profesi yang berbeda, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (18/2/2017).

Terdapat 6 desa yang sampai saat ini telah melakukan pelatihan Jurnalistik dan Pengembangan SID yaitu di Desa Jambe Wungu, Jatisari, Jati Tamban dan Sumber Tengah di Kecamatan Wringin. 2 lainnya di desa Kupang dan Petung kecamatan Pakem. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES