Peristiwa Nasional

Waspadai Bencana Hidrometeorologi di Akhir Februari

Selasa, 21 Februari 2017 - 04:05 | 22.28k
ILUSTRASI: hujan (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: hujan (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagian besar wilayah Indonesia masih berada dalam puncak musim hujan. Dengan potensi curah hujan tinggi pada Februari ini, potensi hujan lebat harian dapat meningkatkan peluang terjadinya bencana hidrometeorologi. 

Kendati demikian, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), frekuensi hujan yang cenderung meningkat ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lokal. 

Deputi bidang Meteorologi BMKG, Yunus S. Swarinoto menyampaikan, sejak Januari tidak terdapat fenomena cuaca global yang signifikan seperti Indian Ocean Dipole (IOD), seruakan dingin, maupun gelombang tropis.

"Sehingga pada periode kali ini sangat perlu memperhatikan perkembangan dinamika cuaca lokal dan regional," lanjut Yunus dalam siaran persnya, Senin (20/2/2017).

Beberapa hari ke depan, lanjutnya,  berdasar tinjauan kondisi atmosfer, terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia yang menyebabkan wilayah Sumatera bagian Selatan, Banten, Jawa Barat, dan Jabodetabek cenderung dalam kondisi yang cukup basah.

Dijelaskan, munculnya area perlambatan dan pertemuan angin mengakibatkan kondisi udara menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan petir.

Kondisi tersebut didukung dengan kuatnya monsun Asia yang menyebabkan batas wilayah udara basah terkonsentrasi di sekitar pesisir selatan Jawa. 

Disampaikannya, nilai kelembaban relatif di wilayah Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua Barat pada lapisan 850 dan 700 mb umumnya bernilai lebih dari 70 persen.  

"Ini menunjukan bahwa kondisi udara basah yang berpotensi terhadap pertumbuhan awan-awan hujan cukup signifikan di wilayah tersebut," imbuhnya. 

BMKG memperkirakan potensi hujan akan meningkat dalam beberapa hari kedepan, khususnya di wilayah pantai barat Sumatera, Sumatera bagian utara, Sumatera bagian selatan, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi bagian Tengah, Sulawesi bagian Selatan, dan sebagian besar Papua. 

"Masyarakat diharapkan tetap mewaspadai potensi peningkatan curah hujan yang dapat disertai angin kencang dan berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES