Wisata

Wisata Palembang: Jacobson Van Den Berg dan Kopi Arabika Terbaik

Senin, 20 Februari 2017 - 08:37 | 223.26k
Gedung Tua Jacobson Van Den Berg Di Kegiatan bertajuk heritage walk Kota Tua Palembang (Foto: Fuad / TIMES Indonesia)
Gedung Tua Jacobson Van Den Berg Di Kegiatan bertajuk heritage walk Kota Tua Palembang (Foto: Fuad / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkembangan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia menjadi bagian sejarah masa lalu yang saat ini sedang digali dan menjadi daya tarik wisata baru bagi kota yang di belah dengan sungai musi ini.

Sisa – sisa kekuasan kolonial Belanda ini digagas menjadi sebuah kegiatan yang bertajuk heritage walk dengan tagline Kota Tua Palembang, Sabtu (18/7/2017).

Salah satu gedung tua yang saat ini tidak terawat adalah Kantor Jacobson Van Den Berg yang terletak di simpang Jalan Sekanak.

Kantor ini merupakan dulunya cabang dari perusahaan dagang Belanda yang besar, didirikan di Denhaag, Belanda pada 1 Juni 1860. NV Jacobson van den Berg & Co atau Jacoberg bergerak di bidang perdagangan, jasa asuransi, dan industri.

Yudhie Syarofie Sejarahwan Palembang, menjelaskan kantor ini memiliki jaringan bisnis yang kuat dan luas mulai dari New York, Rio de Janeiro, Sao Paulo, Buenos Aires, Montevideo, Singapura, Kuala Lumpur, Penang, Hongkong, Tokyo, Osaka, Kobe, Sydney, Melbourne, Brisbane dan Batavia (Jakarta).

"Dalam pengunanya gedung ini menjadi tempat adminitrasi dalam kegiatan eskpor dan impor dan memiliki posisi strategis dalam perekonomian di dunia,"katanya.

Diwilayah sekitar gedung ini berdiri gudang – gudang yang masih berdiri kokoh disanalah letak kopi dan karet yang terbaik di Sumatera Selatan disimpan kemudian di ekspor ke luar negeri.

"Dahulu Palembang atau Sumatera Selatan merupakan penghasil kopi arabika terbaik didunia yang berasal dari dataran tinggi Sumatera Selatan seperti Pagar Alam, Lahat, OKU Selatan dan Semendo,"ujar Dia.

Saat ini gedung tersebut tidak digunakan sama sekali yang merupakan aset atau cagar budaya. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani, gedung ini bisa dimanfaatkan asalkan tidak mengubah kontruksi gedung ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES