Peristiwa Daerah

Sedesa Tampilkan Acara Seni Demi Kenalkan Budaya Bondowoso

Minggu, 19 Februari 2017 - 19:18 | 60.29k
Penampilan tarian dengan campuran musik Islami dalam Acara Sedesa di halaman Perpustakaan Bondowoso. (Foto: Angga/TIMES Indonesia)
Penampilan tarian dengan campuran musik Islami dalam Acara Sedesa di halaman Perpustakaan Bondowoso. (Foto: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ikatan Mahasiswa Keluarga Bondowoso (Iwakebo) membuat acara Seni Bendebesah (Sedesa) yang menampilkan banyak acara seperti penampilan tarian, teater, lomba fotografi dan karya seni lainnya. Hal itu untuk memperkenalkan budaya Bondowoso. acara berlangsung di halaman perpustakaan Kabupaten Bondowoso.

Penampilan tari dan teater tersebut dengan mengundang pegiat seni yang ada di Kabupaten Bondowoso. Tujuannya, supaya seni tradisi yang ada di Bondowoso bisa dikenal oleh khalayak umum dan dapat dilestarikan oleh masyarakat itu sendiri, Minggu, (19/2/2017).

Iwakebo-2DRsha.jpg

"Pertunjukan-pertunjukan tersebut dibuat lomba dengan pesertanya dari SMK dan SMA, lalu juga ada pertunjukan yang di isi oleh para pegiat seni dari sanggar pensi dan sanggar ibu Fenti, dengan menampilkan tari serta teater," ungkap Muhammad Fadlianto Ketua Panitia Acar Sedesa.

Selain itu, acara tersebut juga guna untuk membangun bakat yang dimiliki dari anak-anak Bondowoso, sehingga nantinya mau belajar tradisi kebudayaan dan seni yang ada di Bondowoso itu sendiri.

"Diacara ini kami menganggakat bakat dari mereka dulu, seperti ada tarian yang dicampur dengan nuansa keislaman serta menggunakan alat musik rebana dan sebagainya. Dan nantinya bisa mengembangkan bakatnya ke potensi seni yang ada di Bondowoso tersebut," tambahnya.

Iwakebo-3Ly8CS.jpg

Harapan kedepan,  budaya, seni dan kekayaan Bondowoso dikenal banyak kalangan. Karena selama ini, masih belum banyak yang tahu budaya an seni yang ada di Bondowoso. Maka, ini merupakan salah satu jalan untuk memperkenalkan budaya dan seni Bondowoso.

"Ternyata, seni Bondowoso itu banyak sekali yang belum diketahui oleh masyarakat, apa dari pemerintahnya? Atau dari masyatakatnya yang tidak mau mengenal, maka kami hadir untuk berupaya memperkenalkan kepada masyarakat dan berharap komunitas lain juga ikut dalam melestarikan kebudayaan Bondowoso," tegasnya.

Iwakebo-4XMLWo.jpg

Selain itu, animo masyarakat Bondowoso melihat acara tari dan teater tersebut cukup tinggi. "Nantinya acara ini bisa menjadi acara tahunan, untuk memperkenalkan budaya Bondowoso,"pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES