Peristiwa Daerah

Anak-anak Suku Anak Dalam Jambi Bikin Menteri Sosial Menangis

Minggu, 19 Februari 2017 - 14:17 | 77.62k
Anak-anak Suku Anak Dalam menyambut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan menyanyikan lagu
Anak-anak Suku Anak Dalam menyambut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan "Indonesia Pusaka". (Foto: Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menangis tersedu saat anak-anak Warga Suku Anak Dalam menyambut kedatangannya dengan nyanyian lagu "Indonesia Raya" dan "Indonesia Pusaka". 

Ditengah kemiskinan dan keterbatasan akses, belasan anak-anak pedalaman Jambi tersebut begitu fasih melantunkan lagu ciptaan "WR Supratman" dan "Ismail Marzuki" tersebut.

BACA JUGA: Mensos Resmikan Hunian Tetap untuk Suku Anak Dalam Jambi

Setelah selesai, Khofifah lantas bertanya apakah ada yang hafal seluruh sila Pancasila. Pertanyaan tersebut disambut dengan acungan tangan seluruh anak-anak yang berjejer menyambutnya. 

Mensos-dan-suku-anak-dalam-AMVJY6.jpgAnak-anak Suku Anak Dalam begitu khidmat menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan "Indonesia Pusaka" menyambut kedatangan Mensos Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI for TIMES Indonesia)

"Ayo sini baris yang rapih, kita sama-sama melafalkan Pancasila," katanya dalam siara  pers Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI. 

Khofifah setengah tidak percaya jika seluruh anak-anak umur 5 tahunan tersebut mampu melafalkan Pancasila dengan baik. Tidak ada satupun sila yang terlewat atau tidak berurut. Khofifah pun mengatakan jika Presiden Joko Widodo mendengarnya langsung, Ia pasti senang dan bangga. 

Saat ditanya siapa yang mengajarkan, Khofifah kembali terkejut karena ternyata ada sejumlah relawan yang rajin datang ke hutan tempat Suku Anak Dalam untuk mengajar meski tanpa sarana prasarana yang memadai. 

BACA JUGA: Suku Anak Dalam: Kehidupan Kami Jauh Lebih Baik

Sebagai hadiah, Khofifah memberikan setiap anak hadiah berupa uang dengan sejumlah pesan yang terus diulang kepada setiap anak. 

"Belajar yang rajin ya nak, semangat terus. Semoga semua cita-cita tercapai," doa Khofifah yang disambut amin oleh warga dan rombongan. 

Khofifah mengatakan, anak-anak warga Suku Anak Dalam memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang baik dan menunjang mereka meraih cita-cita. Salah satu kendala yang menyebabkan mereka tidak memperoleh pendidikan adalah tradisi "melangun" atau berpindah-pindah. 

Oleh karena itu, Kementerian Sosial aktif mendorong Suku Anak Dalam untuk tinggal menetap. Karena dengan demikian, mereka dapat mengakses berbagai layanan yang disediakan pemerintah seperti pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan, penyediaan akses kesempatan kerja, ketahanan pangan, penyediaan akses lahan, advokasi sosial, lingkungan hidup dan pelayanan sosial.

Sebagai langkah awal, Kementerian Sosial membangunkan 23 unit rumah bagi Suku Anak Dalam di Desa Pulau Lintang, Kecamatan Bathin, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Hunian tetap bagi 23 kepala keluarga tersebut diserahkan langsung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES