Ekonomi

Pemkot Banjar Ganti LPG 3 Kg ke 5 Kg

Sabtu, 18 Februari 2017 - 09:09 | 28.72k
ILUSTRASI: LPG 3 kilogram (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)
ILUSTRASI: LPG 3 kilogram (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemkot Banjarmasin mulai 20 Februari nanti akan mensosialisasikan pada masyarakatnya agar mau beralih ke LPG 5 kg. Caranya adalah menukar dua tabung LPG  3 kg dengan tabung LPG 5 kg.

Langkah ini dilakukan karena banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang memindahkan gas 3 kilogram ke LPG 5 kilogram. Dan langkah ini juga dilakukan karena harga gas LPG 3 kilogram melonjak naik hingga Rp 50 ribu dibeberapa pelosok kota Banjarmasin.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, oknum yang tidak bertanggung jawab sudah merajalela ke pelosok daerahnya. Lalu peruntukan LPG 3 kg yang disubsidi pemerintah juga banyak digunakan banyak pihak yang tidak berhak.

“Masak sekarang ini banyak orang kaya pakai, rumah makanpun pakai yang tiga kiloan,” ujar Ibnu Sina. Ibu menghendaki adanya rasionalisasi peruntukan gas bersubsidi tersebut untuk masyarakat miskin yang memang seharusnya mendapatkan.

"Sebenarnya yang berhak mendapat jatah 3 kilo ada kriterianya. Segera dilakukan rasionalisasi kembali, berapa keperluan untuk rakyat miskin.Juga penukarannya akan ditangani bagian Ekonomi” ujarnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pemkot Banjarmasin Lily Dwiyanti mengatakan, pihaknya akan mulai melakukan sosialisasi mulai Senin depan. Pihaknya berharap masyarakat bisa hadir dan bisa segera menindaklanjuti.

Sementara itu beberapa masyarakat menyuarakan agar pemerintah membuat aturan agar setiap toko yang menjual LPG 3 kg mempunyai timbangan sehingga LPG yang dijual tidak kurang dari ukuran Pertamina.

Anshori, salah satu penjual gorengan di muka RSUD Ulin mengatakan, banyak tabung LPG 3 kg yang beratnya kurang atau tidak sesuai. Kalau pemerintah buat kebijakan, dipastikan isi LPG 3 kg tidak akan dipindahkan.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES