Wisata Bondowoso Republik Kopi

Air Terjun Batu Menangis Sulaiman, Lokasi Wisata Asyik di Akhir Pekan

Sabtu, 18 Februari 2017 - 07:16 | 217.61k
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Satu lagi tempat wisata alam di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi pada akhir pekan  ini. Tempat wisata itu adalah air terjun batu menangis Sulaiman yang berada di Desa Glingseran Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.

Air terjun Sulaiman ini, sumber airnya berasal dari tebing batu setinggi 25 meter. Dan julukan batu menangis tersebut karena terbentuk dari tebing batu dengan panjang 10 meter, dan air yang keluar dari sela-sela batu tersebut terlihat seperti mata yang menangis.

Lokasi wisata di air terjun Sulaiman menawarkan suasana alam yang indah. Untuk menuju lokasi, pengunjung akan melewati pematang sawah dan menuruni jalan yang berliku sebelum melihat air terjun yang indah ini. Lokasinya berjarak 200 meter dari Balai Desa Glingseran Kecamatan Wringin.

Air-Terjun-SUlaiman-A7O43.jpg

"Suasananya enak lewat sawah-sawah, dan air terjunnya bagus. Dan disini juga bagus buat foto-foto, yang penting gak nyesel wisata ke air terjun ini," kata Rudi pengunjung dari Jember, Jumat (17/2/2017).

Untuk mencapai air terjun ini, nanti pengunjung akan diantar oleh petugas peduli wisata desa yang telah siap menunggu pengunjung yang datang.

Selain keindahan alamnya yang menarik, terdapat juga cerita rakyat yang berkembang yaitu nama Sulaiman. Nama tersebut muncul karena konon beberapa tahun silam ada seorang petapa bernama Sulaiman, yang melakukan meditasi di lokasi air terjun tersebut selama beberapa bulan.

Kepala Desa Glingseran Sulaedi menyampaikan, di lokasi tersebut juga ada Pelataran Dewi Rengganis yang berupa hamparan batu, dengan beberapa cekungan sumber mata air jernih yang digunakan oleh warga mengambil air untuk minum.

Untuk menambah daya tarik wisatawan, pihak desa membangun gazebo agar pengunjung bisa menikmati air terjun dengan bersantai.

"Demi kenyamanan pengunjung, dilokasi tersebut dibangun beberapa gazebo, menghidangkan kuliner khas desa dan jembatan gantung yang langsung menuju air terjun tersebut" imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES