Pendidikan

Kodam V/Brawijaya 'Berguru' Soal Sapi ke STPP Malang

Rabu, 15 Februari 2017 - 15:03 | 82.64k
Ketua STPP Malang menjelaskan tentang pemeliharaan sapi perah (Foto: STPP Malang for TIMES Indonesia)
Ketua STPP Malang menjelaskan tentang pemeliharaan sapi perah (Foto: STPP Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perwakilan Kodam V/Brawijaya mendatangi kampus Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Malang untuk berkonsultasi terkait teknologi pengembangan peternakan sapi.

Dalam rombongan ini hadir Asisten Teritorial Kodam V/Brawijaya, Kolonel (Inf) Yunianto, juga Komandan Batalyon Kavaleri serta Staf Aster Divisi II Kostrad. Mereka mengunjungi sejumlah lokasi di kampus STPP Malang yang berhubungan dengan pengembangan ternak sapi.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/02/17/STPP-Malang-BInCzu.jpgFoto: STPP Malang for TIMES Indonesi

"Kami mewakili Pangdam V Brawijaya berkunjung ke STPP Malang dalam rangka belajar sekaligus konsultasi tentang teknologi pengembangan ternak sapi terkait dengan Program Upsus Siwab," ujar Kolonel Yunianto, Rabu (15/2/2017).

Lokasi yang dikunjungi di antaranya laboratorium pakan ternak, kandang sapi perah dan sapi peranakan ongol. Di setiap lokasi itu, rombongan Kodam V/Brawijaya mendapat penjelasan secara langsung dari Ketua STPP Malang, Siti Munifah.

Dia menjelaskan mengenai ragam jenis pakan ternak sapi yang digunakan dan dikembangkan STPP Malang, cara memberi pakan hingga sanitasi kandang. Pengetahuan ini dirasa penting karena Yonkav sudah menyediakan kandang untuk pemeliharaan sapi potong.

http://cdn.inatimes.co.id/images/2017/02/17/STPP-Malang-CIG2Wb.jpgFoto: STPP Malang for TIMES Indonesi

Di samping itu, Ketua STPP Malang juga menerangkan perihal pemanfaatan dan penanganan limbah ternak sapi.

"Kami menyampaikan mulai dari sistem biogas sampai pembuatan pupuk, serta melihat langsung pengolahan kotoran sapi yang dimanfaatkan untuk media ternak cacing," ujar Siti Munifah.

Rombongan juga mengamati inovasi dan teknologi dari jurusan penyuluhan peternakan, termasuk belajar langsung cara inseminasi ayam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES