Glutera News

Daftar Kalori Makanan dan Minuman Anda Sehari-hari

Jumat, 17 Februari 2017 - 08:05 | 12.37m
Ilustrasi
Ilustrasi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kalori adalah satuan unit yang digunakan untuk mengukur nilai energi yang diperoleh tubuh ketika mengkonsumsi makanan/minuman. Untuk memastikan agar kebutuhan nilai gizi anda tercukupi dengan baik, sebaiknya anda melihat kadar kalori pada makanan/minuman yang Anda konsumsi. Belakangan ini semakin banyak produk-produk makanan yang dilengkapi dengan daftar jumlah kalori makanan di bagian bungkusnya.

Kandungan Kalori di dalam makanan dapat ditentukan oleh kandungan-kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, dan protein yang terkandung di dalam makanan itu sendiri. Lemak menghasilkan kalori paling banyak, yaitu 9 kalori/gram. Sedangkan karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori setiap gramnya. Makanan yang mengandung banyak lemak adalah makanan yang mengandung tinggi kalori. Sebaliknya, yang memiliki kalori rendah adalah buah-buahan dan sayur-sayuran karena mengandung banyak serat dan kadar airnya tinggi.

Berikut Tabel Kalori Makanan yang Lazim Dikonsumsi:

14v7XH.jpg 2dObn8.jpg 3dBjHP.jpg 4nBvUh.jpg 50sUvh.jpg 6y3evt.jpg 7qGsYx.jpg 8DSqEU.jpg 9kX9KD.jpg 10koWBZ.jpg 11tXfar.jpg 12iRDYd.jpg 13RJhmU.jpg 14cV5f.jpg 15JFnQO.jpg 16gz9n.jpg 17JkLv4.jpg

Tabel kalori makanan di atas dapat Anda gunakan sebagai patokan sudah cukupkah kandungan kalori yang Anda konsumsi selama ini?

Kebutuhan Kalori Makanan

Sekedar informasi tembahan, kebutuhan kalori untuk setiap orang dapat berbeda, tergantung dari usia, jenis kelamin & aktifitas yang dilakukan. Misalnya untuk orang dewasa yang berprofesi sebagai atlit tentu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan anak usia 3 tahun.

Ketika membeli makanan kemasan, pastikan untuk melihat kandungan nutrisi dari makanan tersebut (biasanya terdapat pada bagian belakang kemasan), sehingga dapat melihat jumlah kalori per sajian/kemasan.

Berikut adalah tabel kebutuhan kalori untuk berbagai kelompok umur. Tabel ini dapat membantu mengetahui kebutuhan kalori berdasarkan usia, jenis kelamin & aktifitas yang dilakukan.

18c3gOa.jpg

*Adanya rentang kalori menunjukkan kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan usia dari tiap kelompok. Remaja & anak-anak membutuhkan kalori yang lebih banyak seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi pada orang dewasa, akan membutuhkan kalori yang lebih sedikit seiring dengan bertambahnya usia.

Keterangan aktifitas yang dilakukan:

Aktifitas menetap: Suatu gaya hidup dimana aktifitas yang dilakukan hanya berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.

Cukup aktif: Suatu gaya hidup yang termasuk didalamnya melakukan aktifitas fisik yang setara dengan berjalan kaki sebanyak 2,5-5 km sehari.

Aktif: Suatu gaya hidup yang termasuk didalamnya melakukan aktifitas fisik yang setara dengan berjalan kaki > 5 km sehari

Berikut adalah contoh pembagian makanan untuk sehari pada orang dewasa, menurut kecukupan energi:

19HTCrD.jpg 20jGVny.jpg

Keterangan porsi:

  • Nasi: 1 porsi = ¾ gelas = 100 gram = 175 kkal
  • Sayur: 1 porsi = 1 gelas = 100 gram = 25 kkal
  • Buah: 1 porsi = 1-2 buah = 50-190 gram = 50 kkal
  • Tempe: 1 porsi = 2 potong sedang = 50 gram = 75 kkal
  • Daging: 1 porsi = 1 potong sedang = 35 gram = 75 kkal
  • Minyak: 1 porsi = 1 sendok teh = 5 gram = 50 kkal
  • Gula: 1 porsi = 1 sendok makan = 13 gram = 50 kkal

Bila masih ragu mengenai pola makan yang sedang dilakukan, dapat berkonsultasi dengan dokter atau pun ahli gizi untuk mendapatkan pola makan yang sehat & sesuai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES