Politik

RCIL: Ketimpangan Infrastruktur Jadi Isu Seksi Pilgub Sumsel

Kamis, 16 Februari 2017 - 16:59 | 22.77k
Lembaga Riset dan Kajian Opini Publik Rumah Citra Indonesia (Foto : Istimewa)
Lembaga Riset dan Kajian Opini Publik Rumah Citra Indonesia (Foto : Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerataan infratruktur di Sumatera Selatan akan menjadi isu seksi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan pada tahun 2018. Suksesnya Asian Games 2018 yang membuat wajah Kota Palembang dan sekitarnya bakal berubah drastis justru isu pemerataan infrastruktur menjadi kian makinseksi. 

Menurut Direktur Riset dan Kajian Strategis Rumah Citra Indonesia (RCI) Nindy, infrastruktur menjadi kunci pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan apalagi penompang utama ekonomi Sumsel ada pada sektor pertanian, perkebunan dan pertambangan.

"Jika infrastruktur jalan pusat penompang ekonomi utama Sumatera Selatan kurang baik maka membuat roda ekonomi Sumsel timpang,"katanya, Kamis (16/2/2017)

Baiknya infrastruktur di Pusat Ibukota Provinsi Sumsel Yakni Palembang dengan adanya Asian Games 2018 harus diimbangi dengan daerah lain. "Ini yang membuat isu pemerataan infrastruktur jadi seksi di Pilgub Sumsel 2018,"ungkapnya.

Dia menjelaskan data Dinas PU Bina Marga Sumsel pada tahun 2016 akhir, secara umum sekitar 60 persen dalam kondisi jalan Provinsi Sumsel layak lewati, sementara sisanya rusak sedang dan berat. "Artinya ada sekitar 40 persen jalan provinsi Sumsel yang masih rusak,"ujarnya.

Adapun jalan yang mengalami kerusakan berat itu meliputi wilayah kabupaten OKU Timur, OKU Selatan serta diwilayah Kabupaten Pali serta di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES