Otomotif

ITN Malang Optimistis Mobil Hemat Energi Mereka Berprestasi di Kejuaraan Asia

Rabu, 15 Februari 2017 - 15:41 | 212.13k
 Tim mahasiswa Institut Teknologi Negeri (ITN) Malang foto bersama hasil karya mereka  UART G-UV di Kampus ITN Malang, Rabu, (15/2/2017) (Foto: Imad/ TIMES Indonesia)
Tim mahasiswa Institut Teknologi Negeri (ITN) Malang foto bersama hasil karya mereka UART G-UV di Kampus ITN Malang, Rabu, (15/2/2017) (Foto: Imad/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, UART G-UV yakin mobil hemat energi mereka bisa berprestasi di ajang Shell Eco-Marathon Asia 2017 mendatang. 

Manajer tim UART G-UV, Anissatul Karimal mengatakan mobil ini telah disiapkan sejak awal tahun 2016 lalu.  Pembuatannya memerlukan waktu yang lumayan lama, hingga akhirnya mampu menjadi mobil yang siap berkompetisi.

Mobil-ITN-Malang-BJv3i2.jpg

Mobil UART G-UV milik tim Anisa ini memiliki spesifikasi diantaranya bermesin 125 cc yang memiliki kecepatan maksimum 40 km/jam. Anisa mengatakan pada tes uji coba yang telah dilakukan, mobil tim UART G-UV ini mampu menempuh jarak 83.33 km dengan menggunakan 1 liter bahan bakar.

BACA JUGA: ITN Malang Launching Kapal, Pesawat Cepat, dan Mobil Hemat Energi

"Kami masih akan mengembangkan ini, karena untuk lomba Shell Eco Marathon di Singapura, kami masih akan melakukan invonasi lagi untuk efisiensi lagi," tambahnya. 

Mobil irit energi milik mahasiswa ITN ini memiliki dominasi warna mewah-hitam dan memiliki garis putih. Mobil yang ini juga memiliki desain aero dinamis yang simpel. 

Mobil-ITN-Malang-DfxBd2.jpg

Dalam ujicoba yang dilakukan di kawasan Kampus ITN Malang, Rabu (15/2/2016), mobil UART G-UV mampu berjalan lincah di lintasan yang disediakan. 

Sementara itu, mahasiswi semester 8 program tehnik mesin ini juga mengatakan untuk tingkat lokal ia akan bersaing dengan dua universitas yang ada di Kota Malang.

"Kami juga akan bersaing dengan tim lain dari lokal Malang yakni UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) dan UB (Universitas Brawijaya)," tutupnya.

Mobil-ITN-Malang-CbzfPV.jpg

Sebagai informasi, Shell Eco-Marathon Asia 2017 ialah acara internasional tahunan yang diadakan oleh perusahaan Shell. Pada kompetisi ini, setiap peserta akan melombakan mobil yang memiliki efisiensi secara energi. Lomba ini akan berlangsung pada 16 hingga 19 Maret 2017 mendatang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES