Peristiwa Nasional

Bantu Rawan Pangan Sri Lanka, Indonesia Kirim 5 Juta Ton Beras

Selasa, 14 Februari 2017 - 11:23 | 22.76k
Presiden Joko Widodo melepas kontainer berisi bantuan pangan untuk Sri Lanka (Foto: setkab)
Presiden Joko Widodo melepas kontainer berisi bantuan pangan untuk Sri Lanka (Foto: setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai negara sahabat, Indonesia turut prihatin dengan rawan pangan yang dialami Srilanka. Untuk itulah pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan hibah beras sebanyak 5000 Metrik Ton atau 5 juta ton. 

Pelepasan pengiriman hibah beras itu dilakukan sendiri oleh Presiden Joko Widodo di halaman Gudang Nomor 20 Kawasan Pergudangan Sunter Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Kelapa Gading Jakarta Utara pada Selasa (14/2/2017) pagi WIB.

Pelepasan pengiriman bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia kepada pemerintah Sri Lanka dilakukan dengan pelepasan truk kontainer yang memuat beras Bulog ke Pelabuhan Tanjung Priok untuk diangkut menggunakan kapal laut ke Sri Lanka. 

Presiden mengatakan jika Indonesia sebagai sahabat Sri Lanka sudah sepantasnya membantu negara yang dilanda kekeringan berkelanjutan itu.  "Sebagai sahabat di Asia sudah sepantasnya kita bersama Sri Lanka menghadapi situasi-situasi yang sulit," paparnya.

Presiden menyebutkan jika bantuan pangan ini merupakan permintaan langsung dari Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena yang disampaikan melalui Dubes Sri Lanka di Jakarta. Dan permohonan itu langsung direspon cepat.

"Saya minta menteri terkait mempersiapkan dan Alhamdulillah hari ini bisa diberangkatkan," imbuh presiden. 

Beras bantuan tersebut diangkut menggunakan sekitar 30 unit kontainer ukuran 20 kaki untuk dibawa ke Pelabuhan Tanjung Priok, dan selanjutnya akan diangkut menggunakan kapal laut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES