Wisata

Manjakan Wisatawan, Setiap Hari ada Pertunjukan Kesenian di Banyuwangi

Selasa, 14 Februari 2017 - 11:17 | 43.90k
Salah satu penampil di pagelaran seni harian malam hari di Gedung Pamer Banyuwangi.(Humas Pemkab for TIMES Indonesia)
Salah satu penampil di pagelaran seni harian malam hari di Gedung Pamer Banyuwangi.(Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masyarakat Kota Banyuwangi kini bisa menikmati hiburan rakyat setiap hari di Gedung Pamer Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banyuwangi, Jawa Timur. Acara ini rutin digelar setiap dengan menampilkan pertunjukan budaya dari siswa sekolah dari seluruh pelosok penjuru Banyuwangi.

“Kami mendapatkan masukan, banyak wisatawan yang sebenarnya ingin melihat pertunjukkan kesenian Banyuwangi. Maka mulai Januari lalu, kita mulai menggelar pertunjukkan seni dan budaya lokal setiap hari,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (12/2/2017) malam.

Pagelaran malam tersebut diperuntukkan sebagai destinasi wisata atraksi budaya sehingga wisatawan yang datang kapanpun sesuai jadwal kunjungan mereka ke Banyuwangi, bisa menikmati pertunjukan seni daerah.

Acara yang akan terus digelar harian selama satu tahun itu juga bertujuan untuk untuk menyiapkan panggung bagi generasi penerus budaya. Anas mengatakan, semua kesenian lokal yang ada di wilayah masing-masing ditampilkan secara bergilir.

"Panggung ini menjadi media bagi anak-anak untuk berani tampil di panggung yang lebih luas, yang lebih banyak ditonton warga. Tidak lagi hanya tampil di tingkat desa atau kecamatan saja. Kita terus kasih ruang bagi generasi penerus budaya. Ini modal bagi mereka untuk membentuk kepercayaan dirinya," sambung Anas.

Sementara itu, salah satu siswa peserta pentas seni Bagus Prasetyo mengaku sangat antusias dengan acara ini. Pada bulan Februari ini, dia mendapat kesempatan tampil dua kali. Selain sebagai pengiring musik tradisional pada malam ini, minggu depan dia akan ambil bagian dalam kesenian Mocoan Pacul Gowang.

"Mocoan ini seperti kesenian Janger, kita harus menghapalkan dialog Using. Susah, sudah seminggu lebih saya belajar, tapi tetap latihan biar bisa tampil di sini lagi minggu depan," aku siswa kelas 6 SDN Balak Soggon, Banyuwangi ini.(*)  

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES