Indonesia Positif

Lomba Matematika, Tepis Anggapan Matematika Sulit

Minggu, 12 Februari 2017 - 08:41 | 140.64k
Peserta Lomba Matematika ke 14 sedang mengerjakan soal lomba dengan sistem Computer Based Test (CBT) di ruangan Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga-Jawa Tengah. (foto:iswanto / ajp. TIMES Indonesia)
Peserta Lomba Matematika ke 14 sedang mengerjakan soal lomba dengan sistem Computer Based Test (CBT) di ruangan Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga-Jawa Tengah. (foto:iswanto / ajp. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Lomba Matematika XIV Tingkat SD/MI & SMP/MTs se-Provinsi Jawa Tengah dan sekitarnya yang di selenggarakan di SMK Muhammadiyah Bobotsari, Purbalingga - Jawa Tengah. Lomba ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bertanding kepada siswa SD/MI dan SMP/MTs. 

Selain itu lomba matematika ini untuk menghapuskan image  matematika pelajaran yang sulit.  

Memasuki tahun ke 14 ini , lomba diikuti lebih dari 10 Kabupaten di Jawa Tengah dan sekitarnya, dengan jumlah peserta 1097 dari tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Peserta terbagi dalam 2 tingkat, untuk tingkat SD/MI sebanyak 728 peserta dan tingkat SMP/MTs sebanyak 369 peserta. 

Semua peserta mengikuti babak penyisihan, untuk tingkat SD/MI dalam mengerjakan soal lomba selama 75 menit menggunakan Paper Based Test (PBT). Sebanyak 369 Peserta tingkat SMP/MTs mengerjakan soal lomba babak penyisihan menggunakan Computer Based Test (CBT) selama 75 menit. 

Peserta tingkat SMP/MTs terbagi dalam dua sesi waktu yaitu Sesi 1 mulai pukul 09.00 - 10. 15 WIB, dan Sesi 2 Mulai pukul 10.30 - 11.45 WIB. 

Pengambilan nilai babak penyisihan tingkat SMP/MTs menggunakan sistem Computer Based Test (CBT)  bertujuan untuk memberikan ke akuratan hasil, mempercepat proses pengolahan nilai sekaligus melatih siswa siswi tingkat SMP/MTs untuk dapat mengerjakan ujian basis komputer (CBT).

"Kami menyiapkan sebanyak 5 lab komputer, yaitu lab TKJ, lab KKPI 1, lab Akuntansi, lab ADP dan lab KKPI 2. Total komputer yang kami siapkan 200 unit komputer dan 1 server Computer Based Test (CBT) untuk dapat digunakan oleh 369 peserta yang terbagi dalam 2 sesi waktu," papar H Syukur Santosa, ketua panitia saat memantau jalannya lomba di lab komputer.

Lydya Tri Febi peserta dari SMP N 2 Bojongsari mengungkapkan menjadi sebuah pengalaman pertama yanb berharga. "Saya bisa mengikuti lomba, sekaligus saya belajar ujian dengan komputer," kata Lydya.

Ketua Tim IT SMK Muhammadiyah Bobotsari, Iswanto mengungkapkan merupakan tantangan sekaligus pengalaman baru. Karena biasanya sistem ujian CBT digunakan untuk kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ulangan Akhir Semester (UAS) untuk seluruh siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga Jawa Tengah. 

Pada kesempatan ini CBT digunakan untuk pengambilan nilai babak penyisihan lomba matematika.

"Pengambilan nilai menggunakan sistem ujian CBT, memberikan ke akuratan dan kecepatan pengolahan, sehingga hasilnya bisa di pertanggung jawabkan," tambah Primananda Hari salah satu anggota TIM IT.

Kegiatan lomba ditutup dengan pengumuman juara. Pada lomba ini ada 2 kategori yaitu juara Kategori Umum dan Kategori Khusus Muhammadiyah. 

Peserta yang mendapatkan juara di antaranya :
1.    Aurora  Jasmine Maghfirah (SD Muhamadiyah Sudagaran Wonosobo) Juara 1 Tingkat SD/MI Kategori Umum, 
2.    Senia Damayanti (SDN 1 Gandasuli Bobotsari Purbalingga) Juara 2 Tingkat SD/MI Kategori Umum, 
3.    Andini Mayasari  (SD Muhammadiyah Kutoarjo) Juara 3 Tingkat SD/MI Kategori Umum, 
4.    Muhammad Naufal Dzakwan (MI Istiqomah Sambas Purbalingga) Juara Harapan 1 Tingkat SD/MI Kategori Umum 
5.    Aisa Rahma Laela (MIM 1 Slinga Purbalingga) Juara Harapan 2 Tingkat SD/MI Kategori Umum. 

Juara 1 dan 2  kategori Khusus Muhammadiyah Tingkat SD/MI di raih Aurora  Jasmine Maghfirah (SD Muhamadiyah Sudagaran Wonosobo ) dan Andini Mayasari  (SD Muhammadiyah Kutoarjo)  

Peserta yang mendapatkan Juara Tingkat SMP/MTs di antaranya :
1.    Sebastianus Ivan Pradistama (SMP Susteran  Purwokerto)  Juara 1 kategori umum, 
2.    Christopher Nathanael  Wijaya (SMP Susteran  Purwokerto) Juara 2 kategori umum, 
3.    Gregorius Emmanuel Henry (SMP Susteran  Purwokerto ) Juara 3 kategori umum, 
4.    Yumna Aqila Rasyidah (SMP Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto) Juara harapan 1 kategori umum 
5.    Feodora Allysha Imala Tertia H (SMP Susteran  Purwokerto ) Juara harapan 2 kategori umum. 

Juara 1 dan 2  kategori khusus Muhammadiyah Tingkat SMP/MTs diraih oleh Galih Pembekti (SMP Muh Sempor) dan Muammar Anaz Azuhdi (SMP Muh Cilongkok Purwokerto).

Piala bergilir Bupati Purbalingga di raih oleh Aurora  Jasmine Maghfirah (SD Muhamadiyah Sudagaran Wonosobo ) untuk tingkat SD/MI dan Sebastianus Ivan Pradistama (SMP Susteran  Purwokerto) untuk tingkat SMP/MTs.

Kepala SMK Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga, Toto Widiarto, S.Pd memberikan selamat kepada para pemenang lomba. Dia juga sampaikan terima kasih kepada seluruh peserta lomba matematika yang datang dari berbagai Kabupaten di Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah. Tak ketinggalan kepada seluruh panitia yang telah menyukseskan kegiatan lomba.

"Semoga pada lomba matematika tahun depan, sekolah kami bisa menyiapkan ujian basis komputer kepada seluruh peserta untuk tingkat SD/MI serta Tingkat SMP/MTs," tutup Toto Widiarto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES