Peristiwa Daerah

Hujan Pindah ke Utara, Banyuwangi Selatan Berpotensi Hujan Lagi

Minggu, 12 Februari 2017 - 17:37 | 28.27k
I Gede Agus Purbawa, menjelaskan prakiraan cuaca Banyuwangi bagian utara turun hujan hingga malam. (Foto: Ahmad Su'udi/TIMES Indonesia)
I Gede Agus Purbawa, menjelaskan prakiraan cuaca Banyuwangi bagian utara turun hujan hingga malam. (Foto: Ahmad Su'udi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – BMKG Banyuwangi mempredikai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur daerah utara, siang hingga malam.  

Kepada TIMES Indonesia, Prakirawan BMKG Banyuwangi, I Gede Agus Purbawa mengatakan, awan hujan bergerak dari arah barat ke timur sesuai gerak Munson Asia atau angin barat.  

“Kecamatan yang diperkirakan hari ini hujan diantaranya Wongsorejo, Kalipuro dan Licin. Awan hujan bergerak ke timur, cenderung ke arah tenggara,” kata Gede, sapaan I Gede Agus Purbawa, Minggu (12/2/2017).  

Sementara itu, Banyuwangi bagian selatan yang sebelumnya didera hujan lebat hingga menimbulkan banjir diperkirakan tidak akan turun hujan sampai nanti malam. Hujan malam hari diprediksi hanya dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Sekarang awan hujan berada di Jember, banyak di Puger, yang berpotensi bergeser sampai di Banyuwangi selatan nanti malam,” tambah Gede.  

Diakuinya hujan di wilayah Banyuwangi bagian selatan, Sabtu (11/2/2017) malam memang deras dan cukup lam, yakni hingga 4 jam. Hujan mulai turun pukul 4 sore, kemudian pukul 5 hujan semakin deras hingga pukul 6 hujan semakin meluas.

“Kemarin pukul 8 malam sudah mulai reda, hanya gerimis ringan,” pungkas Gede.  

Sebelumnya diberitakan, setelah hujan lebat yang terjadi pukul 16.00 hingga 19.00, Sabtu (11/2/2017) malam, terjadi banjir di Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo, Desa Senepo dan Kesilir Kecamatan Siliragung dan Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran.

Tidak hanya pohon dan tiang listrik tumbang, sementara ini BPBD Banyuwangi juga menerima laporan bahwa ada empat rumah terkena longsor di Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran. Satu rumah dinyatakan rusak berat, meskipun data pasti kerugian tengah dihimpun tim BPBD Banyuwangi di lapangan.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES