Ekonomi

BI Re-focussing Penyaluran KUR ke Bisnis Start up

Sabtu, 11 Februari 2017 - 09:44 | 23.38k
Ilustrasi. (foto: daily mail)
Ilustrasi. (foto: daily mail)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia akan meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2017 ini.

"Realisasi penyaluran KUR per 31 Desember 2016 Rp 94,4 triliun dari target Rp100 triliun dan rencana pemerintah penyaluran KUR tahun 2017 sebesar Rp110 triliun " ujar Darmin dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Nusantara I, komplek DPR RI, Jakarta (9/2/2017).

Dijelaskan, penyaluran KUR per sektor pada tahun 2016 masih didominasi oleh perdagangan 66%. Sedangkan untuk sektor-sektor produksi yaitu pertanian, perikanan, dan industri terus meningkat dengan porsi total penyaluran sebesar 22%.

”Pada tahun 2017 pemerintah berencana meningkatkan porsi penyaluran KUR di sektor produksi sebesar 40%,’’ jelas Darmin.

Sementara, Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo menambahkan, beberapa rekomendasi optimalisasi penyaluran KUR telah dibuat. "Distribusi KUR harus lebih merata, re-focussing penyaluran KUR ke start-up, dan industri kreatif atau sektor mikro, rencana penurunan suku bunga KUR akan dilakukan secara bertahap," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES