Gaya Hidup

Tips Makan Malam Tanpa Takut Gemuk

Sabtu, 11 Februari 2017 - 07:47 | 45.91k
ILUSTRASI. Makan malam tanpa takut gemuk. (Foto: betterdailyhabits.com)
ILUSTRASI. Makan malam tanpa takut gemuk. (Foto: betterdailyhabits.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi yang sedang menjalani diet, makan malam menjadi salah satu hal yang dihindari. Makan malam dinilai hanya akan menggagalkan diet yang tengah dijalani. Namun sebenarnya Anda tidak perlu khawatir dengan makan malam meskipun sedang diet. Bagaimana caranya? Berikut tips agar Anda tetap bisa makan malam tanpa khawatir berat badan akan melonjak.

1. Makan Porsi Biasa
Makan malam akan membuat Anda gemuk jika porsinya besar. Saat malam hari dan tidur, tubuh tidak melakukan aktivitas berat. Tubuh hanya perlu sedikit kalori dibanding kegiatan di siang hari. Maka makanlah dalam porsi kecil atau porsi biasa. Hindari makan malam dalam porsi besar apalagi sampai kekenyangan.

2. Makan 3 Jam Sebelum Tidur
Usahakan makan jauh sebelum tidur, idealnya adalah 3 jam sebelum tidur. Semakin dekat waktu makan dan waktu tidur, semakin sulit tubuh mencernanya. Tidak hanya berpotensi membuat gemuk, tetapi juga memberatkan kerja sistem pencernaan.

3. Makan di Meja Makan
Makan di meja makan juga akan membantumu mengatur porsi, dibanding harus makan di depan televisi. Saat makan di depan televisi, Anda tidak bisa merasakan dan menikmati makanan yang dimakan secara total, sehingga Anda bisa makan dengan porsi besar.

4. Banyak Minum Air Putih
Banyak minum akan membuatmu cepat kenyang. Sebelum makan malam atau makan camilan, minumlah dua gelas air putih atau air dingin.

5. Makan Buah-buahan
Buah dan sayur selalu disinyalir menjadi makanan paling baik untuk dikonsumsi tubuh. Untuk itu, siapkan selalu buah-buahan yang dapat dimakan di malam hari, tanpa harus makan makanan yang berat.

6. Hindari Kafein
Selain membuat tubuh sulit tidur, mengonsumsi kafein akan membuat tubuh sulit mencerna makanan. Maka minumlah kopi atau kafein jauh sebelum malam. Minumlah susu hangat rendah lemak atau teh hangat menjelang tidur, karena bisa membuat tubuh lebih rileks. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES