Kesehatan

Ini Tanda-Tanda Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Sabtu, 11 Februari 2017 - 02:28 | 34.74k
ILUSTRASI. Terserang penyakit usus buntu. (Foto: uccdn.com)
ILUSTRASI. Terserang penyakit usus buntu. (Foto: uccdn.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usus buntu sering terjadi pada mereka yang memiliki pola makan tidak sehat dan teratur. Usus buntu terjadi ketika usus kecil yang berbentuk jari melekat pada usus besar di sebelah kanan rongga perut bagian bawah.

Usus buntu bisa diatasi dengan operasi kecil. Namun, jika penyakit ini tak segera ditangani akan menyebabkan pecahnya usus buntu dan berakibat lebih fatal bagi sistem pencernaan. Oleh karena itu penting untuk mengenali tanda-tanda penyakit usus buntu berikut dari awal.

1. Sakit Perut Kanan Bawah
Ini merupakan gejala usus buntu yang paling utama, biasanya sakit perut awalnya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu berpindah ke perut kanan bawah. Sakit perut akan terasa lebih sakit saat berjalan, menggerakkan perut, saat batuk, bersin, atau ketika mengalami guncangan saat naik kendaran di jalan jelek.

2. Muntah
Sering muntah bisa menjadi sinyal usus buntu sudah semakin parah atau akan pecah. Muntah yang dialami seperti saat awal kehamilan, mengalami stres, atau gangguan pencernaan.

3. Kehilangan Napsu Makan
Usus buntu yang mengalami peradangan bisa menyebabkan seseorang kehilangan napsu makan. Bila Anda sering merasa tidak lapar pada waktu makan biasanya tanpa alasan yang jelas, bisa jadi gejala usus buntu.

4. Badan Demam
Gejala dan tanda usus buntu bisa mirip dengan penyakit lainnya yaitu demam. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri tegak, dan Anda mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu Anda sedang meradang.

5. Sering Buang Air Kecil
Tanpa disadari, sering buang air kecil juga bisa jadi gejala peradangan usus buntu. Hal ini jika usus buntu terletak di dekat kandung kemih sehingga menyebabkan iritasi.

6. Sembelit atau Diare
Seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, ini bisa tidak begitu parah dan mungkin akan terjadi setelah mengalami sakit perut. Tapi jika Anda mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES