Ekonomi

Tiga BUMN Ini Ekspansi ke Afrika Selatan

Jumat, 10 Februari 2017 - 10:13 | 26.91k
Pindad Malang. (Foto: Indonesia teknologi)
Pindad Malang. (Foto: Indonesia teknologi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia terus meningkatkan ekspor ke luar negeri. Sejumlah perusahaan Indonesia semakin menunjukkan agresivitasnya menggarap pasar nontradisional sebagai tujuan ekspor, khususnya di benua Afrika.

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, yakni PT PAL, PT PINDAD, dan Bank Exim Indonesia memulai menggarap perdagangan dan investasi dengan para pelaku usaha Afrika Selatan. Ketiga BUMN ini menjajaki peluang bisnis melalui acara Indonesian-South African Business Forum yang dihelat 6 Februari 2017 di Southern Sun Hotel, Cape Town, Afrika Selatan.

“Kami memfasilitasi dan mendukung penuh pelaku usaha nasional. Peningkatan ekspor ke Afrika Selatan secara konkret dan aktif diharapkan mampu meningkatkan nilai produk ekspor Indonesia sebagai salah satu faktor penggerak perekonomian,” ujar Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg Pontas Tobing.

Indonesian-South African Business Forum merupakan forum ekonomi atas kerja sama ITPC Johannesburg, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Cape Town, serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Tiga BUMN ini telah mengawali sejumlah kerja sama strategis dengan beberapa perusahaan alat utama sistem senjata (alutsista) asal Afrika Selatan. Bank Exim Indonesia sebagai pendukung pembiayaan melalui inisiatif National Interest Account (NIA) yang mempermudah pembiayaan bagi para eksportir dan importir untuk melakukan transaksi pembayaran atas pembelian produk ekspor dari Indonesia.

 “Perwakilan perdagangan Indonesia akan terus berupaya memberikan andil maksimal dan peran penting dalam meningkatkan ekspor produk Indonesia ke seluruh dunia,” ujar Pontas Tobing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES