Entertainment

Unjuk Seni Islami, Indonesia Kirim 48 Orang ke Thailand

Kamis, 09 Februari 2017 - 10:21 | 98.32k
Tari Saman akan ditampilkan di Melayu Day 2017 d Thailand. (foto: dok TIMES Indonesia)
Tari Saman akan ditampilkan di Melayu Day 2017 d Thailand. (foto: dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Even seni budaya Islam internasional bertajuk Melayu Day dihelat di Kota Yala, Thailand, 10-12 Februari 2017. Indonesia pun mengirim 48 utusan untuk ambil bagian dari event yang diikuti sejumlah negara ini.

Mereka berasal dari kalangan madrasah, pondok pesantren, perguruan tinggi Islam, dan pegiat seni budaya Islam. "Kegiatan ini untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia dan pendidikan Islam di Indonesia, baik itu madrasah, pondok pesantren dan perguruan tinggi Islam Indonesia," ujar Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kemenag RI Achmad Gunaryo.

Dalam festival ini akan ditampilkan beberapa kegiatan. Antara lain pawai, pentas kebudayaan dan pameran yang akan diikuti oleh sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Pemerintah Kota Yala, Lembaga Petakbiran, perpustakaan wilayah, Majlis Kebudayaan Wilayah, perguruan tinggi Islam, dan lain sebagainya.

Festival Melayu Day ini Kemenag mengirimkan siswa dari MAN 4 Jakarta yang akan menampilkan Tari Saman. Kemudian dari siswa MAN 2 Kudus, Jawa Tengah, menampilkan Pameran Pendidikan Islam dan Tari Kretek, sebuah tarian khas kota Kudus yang dikenal sebagai pusat industri rokok.

Dari Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, lima pondok pesantren akan memperkenalkan Mahad Aly, yaitu Mahad aly Maslakul Huda, Pati, Jawa Tengah; Mahad Aly Salafiyah Syafiiyah, Situbondo, Jawa Timur; Mahad aly Hasyim Asyari, Tebuirengm Jombang, Jawa Timur; dan Mahad Aly Attarmassyi, Pacitan, Jawa Timur.

Sementara Pendidikan Tinggi Islam akan menampilkan tim promosi pendidikan tinggi Islam, yaitu dari UIN Walisongo Semarang Jawa Tengah dan IAIN Purwokerto Jawa Tengah. Selain itu IAIN Purwokerto juga akan menampilkan tim seni musik yang akan dimainkan oleh mahasiswa IAIN Purwokerto yang saat ini sedang mengikuti Program Kerja Lapangan (PKL) di Pattani Thailand.

Dari seni Islam juga ditampilkan tim kaligrafi yang mempunyai reputasi internasional yang berasal dari LEMKA (Lembag Kaligrafi) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu Didin Sirajuddin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES