Tekno

LINE Berencana Kembangkan Chatbot

Kamis, 09 Februari 2017 - 09:33 | 39.16k
Line, Kamis (9/2/2017) (ilustrasi: official Line)
Line, Kamis (9/2/2017) (ilustrasi: official Line)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aplikasi berbagi pesan LINE berencana akan mengembangkan Chatbot, sebuah kecerdasan artifisial (AI) yang dapat membuat percakapan dengan orang.

Rencana pengembangan itu diwacanakan setelah melihat potensi artificial intelligence (AI) yang luar biasa di aplikasi berbagi pesan. 

Melalui Chatbot, akan dapat memperbaiki layanan konsumen dengan respon cepat pada komentar dan pertanyaan.

"Masih tahap awal, tapi kami akan bergerak ke arah sana," kata Managing Director LINE Indonesia Ongky Kurniawan di Jakarta, Kamis (9/2/2017).

Ongky mengaku belum mau membuka kapan mereka akan menggunakan chatbot, hanya saja Ia menyebutkan jika rencana tersebut segera direalisasikan. "Mudah-mudahan tidak akan lama," ucapnya.

Dalam pengembangan chatbot tersebut penggunaan bahasa Indonesia antara variasi kata yang ada menjadi tantangan tersendiri menurut Ongky. 

Dicontohkan, bila dalam bahasa Inggris kata "saya" hanya diwakili oleh "I", bahasa Indonesia memiliki banyak variasi, terutama bahasa slang seperti "gue" dan "gw" serta singkatan, yaitu "sy".

"Itu harus bisa ditangkap oleh bot," ujar Ongky. 

Beberapa toko yang tergabung dalam LINE Shopping, kata Ongky. sudah menggunakan bot untuk melayani percakapan di layanan pelanggan (customer service).

LINE, yang kini menjadi smart portal, mengadakan Line Developper Challenge, kompetisi LINE Bot pertama mereka di Indonesia untuk mengembangkan bot di platform mereka.

Lomba itu berlangsung pada 2 Februari-31 Maret dan pemenang akan diumumkan pada 8 April 2017.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES