Kesehatan

Edukasi Penyebaran Penyakit HIV/AIDS Melalui Promkes

Rabu, 08 Februari 2017 - 11:53 | 50.75k
Kepala Puskesmas Sumber Wringin Bondowoso dr.Joko Ady Pramono, M.Mkes (Foto: ANgga/ TIMES Indonesia)
Kepala Puskesmas Sumber Wringin Bondowoso dr.Joko Ady Pramono, M.Mkes (Foto: ANgga/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Puskesmas Sumber Wringin melalui Promosi Kesehatan (Promkes) memberikan  pemahaman kepada masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran penyakit HIV Aids.

dr. Joko Ady P. M.Mkes Kepala Puskesmas Sumber Wringin mengatakan masih banyak warga yang tidak memahami bagaimana penularan virus terjadi. 

"Kami mengantisipasi penyebarannya dan meningkatnya jumlah yang signifikan, dengan gencar untuk meningktakan promkes terkait dengan penyebaran HIV Aids agar tidak menular, sehingga PHBS dan prefentiv terhadap tindakan mereka yang kurang baik dan kurang sehat bisa terlindungi bahaya HIV Aids," ujarnya disela kegiatan promkes, Rabu (8/2/2017).

Dalam mengedukasi warga dr. Joko Ady Pramono menyampaikan pihaknya menggandeng kegiatan lintas sektor. 

"Memerlukan perjuangan terkait tenaga promkes, ya bagaimana mereka memberikan pemahaman dan edukasi melalui sosialisasi kepada masyarakat, melalui kegaiatan di desa yaitu PKK, Musrembang, pengajian dan sebagainya," imbuhnya.

Dia mencontohkan saat pengajian, disisipkan edukasi bagaimana penyebaran HIV Aids terjadi.  Melalui hubungan seksual, transfusi darah, air susu ibu, dan pemakaian jarum suntik bersama serta alat yang bisa membuka pintu masuk virus HIV Aids.

Promkes juga memberikan edukasi kepada masyarakat, agar pengidap penyakit HIV Aids tidak  dikucilkan dari lingkungan sosialnya.

Di Kecamatan Sumber Wringin jumlah pengidap penyakit HIV Aids sekitar 20 orang, yang tersebar dibeberapa desa. Maka dari itu digerakkan promkes secara maksimal untuk mengantisipasi penyebarannya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES