Kesehatan

Lima Hal Ini Sebabkan Urine Berbau Menyengat

Rabu, 08 Februari 2017 - 04:12 | 41.07k
ILUSTRASI. Urine berbau menyengat. (Foto: healthcareatoz.com)
ILUSTRASI. Urine berbau menyengat. (Foto: healthcareatoz.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kencing atau urine sudah selayaknya meimbulkan bau. Namun ada kalanya baunya lebih menyengat dari biasanya. Bau urine yang tajam atau menyengat juga dapat menunjukkan kondisi tubuh seseorang. Urine yang berbau menyengat ini bisa disebabkan berbagai faktor. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan urine berbau menyengat.

1. Diabetes
Kelebihan gula dalam darah bisa menyebabkan pengeluaran urine berbau tajam karena cenderung mengandung banyak gula. Bila Anda memiliki gejala diabetes lainnya, seperti haus terus atau berat badan mendadak turun, periksalah kadar gula darah.

2. Dehidrasi 
Tanda-tanda dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh biasanya dilihat dari warna urine. Urine yang berwarna kuning gelap dan sangat pekat merupakan dehidrasi dan biasanya juga disertai berbau menyengat.

3. Infeksi
Infeksi bakteri atau jamur di area organ intim bisa masuk ke dalam aliran urine. Adanya bakteri dan jamur itu membuat aroma urine berbau tak sedap. Salah satu infeksi yang sering terjadi adalah infeksi saluran kemih.

4. Konsumsi Makanan Tertentu
Konsumsi makanan tertentu secara berlebihan akan membuat enzim bereaksi dengan urine dan mengeluarkan aroma yang tajam. Beberapa makanan yang dapat membuat urine bau antara lain jengkol, petai, asparagus, lobak, dan bawang putih.

5. Gangguan Metabolisme
Gangguan pada liver dan metabolisme juga dapat menyebabkan urine menjadi bau. Urine menjadi bau ketika tubuh gagal untuk menyerap metionin (asam amino). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES