Gaya Hidup

Stres Picu Rambut Beruban di Usia Muda

Rabu, 08 Februari 2017 - 07:26 | 42.43k
ILUSTRASI. Rambut beruban di usia muda. (Foto: Okezone)
ILUSTRASI. Rambut beruban di usia muda. (Foto: Okezone)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tumbuh uban di rambut identik dengan menuanya seseorang. Umumnya, rambut beruban mulai muncul pada usia 30-an. Namun, ada juga yang mulai banyak beruban di usia muda pada usia 20-an. Apa yang menyebabkan beruban di usia muda? Berikut beberapa faktor munculnya uban di usia muda.

1. Stres
Stres menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Melanin sendiri dihasilkan oleh sel melanosit. Rambut yang berubah warna menjadi putih karena melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah yang cukup.

Biasanya macetnya produksi melanin ini hanya bersifat sementara. Jika faktor penyebab stres hilang, maka produksi melanin kembali normal dan rambut hitam kembali muncul di kepala.

2. Gizi Buruk
Gizi buruk juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda. Asupan makanan yang tidak seimbang menyebabkan tubuh kekurangan gizi dan mempengaruhi kesehatan rambut.

3. Faktor Gen
Munculnya uban pada usia muda bisa diwariskan dari orang tua ke anak. Orang tua yang memiliki masalah rambut beruban saat masih muda, kemungkinan besat masalah tersebut menurun pada anaknya.

4. Masalah Kesehatan
Dalam beberapa kasus, meski jarang terjadi, beruban lebih awal bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan. Penyakit itu antara lain, vitiligo atau kondisi kulit yang kehilangan pigmentasi, anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh sulit menyerap vitamin B12, dan masalah kelenjar tiroid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES