Ekonomi

Menkeu Pastikan Jaga Momentum Perbaikan Ekonomi Nasional

Selasa, 07 Februari 2017 - 17:06 | 17.37k
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: bisniscom)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: bisniscom)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan jika pihaknya akan memastikan momentum perbaikan kinerja ekonomi nasional yang telah berlangsung optimal pada 2016 lalu, akan terus dijaga pada 2017 ini.

"Kita ingin menjaga momentum positif di 2017. Untuk itu pemerintah perlu bekerja lebih keras lagi memperbaiki berbagai macam isu fundamental," ujarnya di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Menurut Menkeu, upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja perekonomian pada 2017 adalah memperkuat fundamental ekonomi nasional melalui instrumen maupun kebijakan fiskal.

"Kalau ekonomi bisa lebih lebar dari sisi fondasi, juga pelaku maupun jumlah sektor, maka kita mampu membangun ekonomi yang lebih berdaya tahan," sambungnya.

Sisi yang akan jadi fokus pembenahan pada 2017 adalah sektor investasi yang hanya tumbuh sekitar 4,48 persen pada 2016. Selain itu, pembenahan juga disiapkan pada konsumsi pemerintah yang terkontraksi dan tumbuh negatif 0,15 persen karena penyesuaian belanja di semester dua 2016.

Dari sisi lapangan usaha, Menkeu berharap pada pertumbuhan positif di sektor pertambangan maupun pertanian, juga sektor manufaktur dan jasa yang selama ini jadi pendukung perekonomian nasional.

Dengan menjaga momentum ini, Menkeu optimistis pertumbuhan ekonomi 2017 akan lebih baik dan bisa mencapai proyeksi 5,1 persen, apalagi perekonomian nasional 2016 masih tumbuh 5,02 persen di tengah berbagai tantangan global. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES