Kesehatan

Cegah Kanker dengan Hidup Sehat

Selasa, 07 Februari 2017 - 02:34 | 24.52k
ILUSTRASI. Mencegah penyakit kanker dengan hidup sehat. (Foto: sunprider.mbI)
ILUSTRASI. Mencegah penyakit kanker dengan hidup sehat. (Foto: sunprider.mbI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang masyarakat saat ini. Menurut pakar hematologi onkologi medik Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Mardiah Suci Hardianti, sebenarnya kanker dapat dicegah dengan gaya hidup sehat.

"Lebih dari sepertiga jenis kanker dapat dicegah dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat," ujarnya dikutip dari Antara, Senin (6/2/2017).

Masyarakat perlu mengetahui informasi tentang pentingnya hidup sehat dan menghindari faktor risiko penyebab kanker. Informasi tersebut bisa memacu masyarakat untuk mengambil pilihan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, gizi seimbang, beraktivitas fisik, dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Selain menjalani hidup sehat, lanjutnya, pencegahan kanker juga dapat dilakukan dengan menghindari faktor risikonya, antara lain menghindari paparan asap rokok, polusi, sinar UV, konsumsi alkohol, dan diet rendah serat.

Mempertahankan untuk tetap aktif secara fisik juga penting dalam upaya mencegah kanker. Selanjutnya, melakukan vaksinasi untuk mencegah risiko kanker yang diakibatkan infeksi virus juga tak kalah pentingnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES