Ekonomi

Pemerintah Wajibkan Industri Plastik Dikuasai Produsen Lokal

Senin, 06 Februari 2017 - 16:02 | 20.90k
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Foto: cnnindonesia)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Foto: cnnindonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Industri kemasan plastik dinilai sebagai salah satu industri yang memiliki potensi besar sehingga harus dikuasai oleh produsen lokal, demikian ditegaskan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kami melihat potensinya besar. Plastic packaging adalah industri yang tumbuhnya masih tinggi," ucapnya kala mengunjungi PT Berlina Tbk di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/2/2017).

Menperin menegaskan jika industri ini mau tak mau harus dikuasai produsen nasional karena perusahaan multinasional cenderung membawa rantai pasokan (supply chain) sendiri.

Selain itu, sektor industri ini juga bersifat terbuka sehingga tak dibatasi jika pihak asing ingin terjun juga.

"Sektor ini kan sektor terbuka, jadi tidak dibatasi asing dan dalam negeri, tetapi kami harapkan juga industri yang sudah ada, mempunyai kesempatan yang cepat untuk ekspansi dari pada investor baru," imbuhnya.

Menperin menyatakan jika investor baru nantinya akan masuk di proyek yang benar-benar baru (green field), sementara industri yang sudah ada (existing industry) dan punya kaki tangan yang besar bisa untuk mempercepat ekspansi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES