Kesehatan

Sering Sembelit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Senin, 06 Februari 2017 - 07:19 | 32.55k
ILUSTRASI. Sembelit. (Foto: lethow.com)
ILUSTRASI. Sembelit. (Foto: lethow.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari agar tubuh tetap sehat dan penuh energi.

Meski protein penting untuk tubuh, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi protein. Anda yang kelebihan protein sangat memungkinkan mengalami berbagai masalah kesehatan. Berikut masalah kesehatan yang timbul akibat kelebihan protein, dilansir dari Boldsky.

1. Kentut Bau
Asupan protein yang berlebih menyebabkan kentut berbau tidak enak. Makanan berprotein tinggi yang tak bisa dicerna dengan baik, sangat berisiko menyebabkan asam lambung dan terbentuknya gas yang berbau tidak enak. Gas inilah yang nanti menjadi kentut dan berbau tidak enak.

2. Kurang Fokus
Kelebihan protein akan mengalami kondisi kurang konsentrasi, kurang fokus dan cenderung lambat saat berpikir. Para ahli menyebutkan jika kelebihan asupan protein bisa menyebabkan sel-sel di otak melemah dan bekerja kurang baik.

3. Sembelit
Protein yang dikonsumsi secara berlebih mendorong risiko sembelit. Kalau kamu mengalami sembelit, usahakan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta mengurangi asupan protein.

Itulah tiga penyakit yang disebabkan karena kelebihan protein. Agar tidak mengalami hal tersebut sebaiknya Anda mengatur pola makan yang seimbang. Konsumsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan porsi yang tepat dan seimbang. Jangan lupa olahraga dan pola hidup sehat agar tubuh sehat selalu dan jauh dari berbagai risiko penyakit.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES