Gaya Hidup

Atasi Jerawat dengan Minyak Lavender

Senin, 06 Februari 2017 - 04:23 | 36.29k
ILUSTRASI. Mengatasi wajah berjerawat dengan minyak esensial. (Foto: beautyheaven.com)
ILUSTRASI. Mengatasi wajah berjerawat dengan minyak esensial. (Foto: beautyheaven.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat pada wajah. Mulai dari cara alami hingga dengan memanfaatkan bahan-bahan kimia. Cara alami yang bisa digunakan salah satunya dengan memanfaatkan minyak esensial dari berbagai tumbuhan. Berikut minyak esensial yang dapat mengatasi jerawat, dilansir dari Tempo.

1. Minyak Pohon Teh
Manfaat minyak pohon teh antara lain antimikroba dan antijamur. Sebuah tinjauan ilmiah, pengobatan jerawat dengan minyak pohon teh menyatakan produk pohon teh dapat mengurangi angka lesi pada pasien dengan jerawat. Minyak pohon teh juga memiliki kegiatan antimikroba dan antiinflamasi yang berkaitan dengan pengobatan jerawat.

2. Lavender
Minyak lavender memiliki manfaat besar untuk kulit Anda karena karakteristik antimikroba dan antioksidan yang dimiliki. Minyak ini dapat menenangkan dan memelihara kulit dalam mengobati jerawat, menyembuhkan kulit kering, serta mengurangi munculnya bintik-bintik gelap dan bekas luka karena jerawat.

Selain dua jenis minyak esensial di atas, ada dua jenis miyak esensial yang masih jarang dikenal di Indonesia, yaitu Clary Sage dan Juniper Berry. Kedua bahan ini sama-sama dapat mengatasi jerawat dan membantu merawat kecantikan kulit.

Clary Sage, bahan ini memeliki kandungan linalyl acetate dapat mengurangi peradangan kulit serta bekerja sebagai obat alami untuk jerawat dan iritasi kulit. Hal ini juga mengatur produksi minyak pada kulit, yang sering dikaitkan dengan jerawat.

Selanjutnya, Juniper berry juga memiliki manfaat yang hampir sama. Minyak esensial ini memiliki antibakteri alami dan kemampuan antimikroba yang dapat memerangi iritasi kulit dan infeksi. Juniper berry berfungsi sebagai obat rumah untuk jerawat. Minyak esensial tersebut juga memiliki sifat detoksifikasi serta dapat mengurangi stres dan melindungi tubuh dari racun yang menyebabkan jerawat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES