Glutera News

Ingin Langsing, Jangan Makan 5 Makanan Ini sebelum Tidur

Minggu, 05 Februari 2017 - 04:27 | 53.30k
Ilustrasi. (Gluteranews)
Ilustrasi. (Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnda ingin langsing? Saat Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, ada beberapa asupan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Beberapa asupan ini diyakini tinggi lemak dan dapat memengaruhi berat badan Anda dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Sering Ngemil Tengah Malam, Lakukan Ini

Andri Ariestianto, maestro Glutera Indonesia, merangkumkan untuk Anda dari Women's Health Mag, berikut daftar 5 asupan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi menjelang waktu tidur saat Anda sedang ingin menurunkan berat badan.

1. Darkk Chocolate 

Ada beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur, yakni kafein dan gula. Kandungan gula pada camilan seperti cokelat, termasuk dark chocolate, pun diyakini dapat memengaruhi berat badan Anda.

"Tidur setelah mengonsumsi asupan tinggi gula berhubungan dengan proses penyimpanan lemak. Ketika Anda istirahat, gula di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak," ungkap ahli diet Betsy Opyt, RD, seperti disampaikan Andri.

2. Minyak Kelapa

Asupan tinggi lemak jenuh memang dapat mengenyangkan lebih cepat, namun ketika Anda mengonsumsinya sebelum tidur maka hal ini justru mengganggu proses penurunan berat badan. Hal ini juga berdampak pada kualitas tidur Anda.

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Jim White, RD menjelaskan bahwa lemak jenuh dapat menyebabkan katup yang memisahkan ujung bawah kerongkongan dan perut menjadi rileks. Nah, karena lemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna, maka asupan ini pun diyakini dapat membuat Anda menjadi sulit tidur lelap.

3. Makanan Pedas

Makan makanan yang terlalu pedas dapat membuat sistem pencernaan harus bekerja ekstra dan bahkan Anda bisa saja mulas di tengah malam. Opyt menjelaskan, serupa seperti makanan berlemak, makanan pedas juga dapat mengganggu kinerja esofagus dan membuat Anda mudah terjaga.

“Ketika Anda sulit tidur, keesokan harinya Anda berisiko mengalami peningkatan nafsu makan dan tanpa disadari cenderung akan menjadi makan lebih banyak dari biasanya,’’ ujar Andri.

4. Red Wine

Beberapa ahli kesehatan memang menyimpulkan bahwa konsumsi sedikit red wine atau anggur merah menyehatkan bagi kesehatan. Namun mengonsumsinya sesaat sebelum tidur justru dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Anda akan menjadi sulit tidur dan sulit tidur lelap. Seperti diketahui, sulit tidur dapat membuat nafsu makan Anda meningkat.

5. Biskuit atau Kue

Jika Anda ingin mengonsumsi biskuit atau kue, hindari melakukannya sebelum tidur. Gula pada dasarnya akan diubah oleh tubuh menjadi energi. Nah, ketika Anda hendak beristirahat namun malah makan makanan bergula tinggi, gula tersebut akan disimpan tubuh menjadi lemak. Akibatnya, berat badan naik pun tak lagi bisa dihindarkan. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES