Kesehatan

Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Jumat, 03 Februari 2017 - 04:26 | 140.83k
Minum air putih setelah bangun tidur banyak manfaatnya (Foto: Tabloid nova)
Minum air putih setelah bangun tidur banyak manfaatnya (Foto: Tabloid nova)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kandungan air yang menguasai tubuh kitga cukup menjadi alasan untuk membuat kita minuim banyak air tiap harinya. Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat baik untuk kesehatan. Tak bisa di bayangkan, jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama. Haus adalah salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. 

Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih adalah pagi hari setelah kita bangun tidur. Mengapa?

Karena selama mata kita terpejam karena tidur tubu kita terus bekerja. Pekerjaan itulah yang kemudian membuat cairan tubuh berkurang. Untuk itulah berbagai kebaikan minum air putih setetah bangun tidur diakui sejak zaman kuno. Berikut beberapa kebaikan yang ada baiknya untuk kita simak kembali. 

1. Kulit Jadi Berkilau

Minum air di pagi hari bisa membantu kita merontokkan racun di dalam tubuh. Jika itu kita lakukan rutin  maka kulit pun jadi tidak kusam lagi. Bahkan konsumsi air putih setiap pagi setelah bangun tidur bisa membantu membersihkan racun dalam darah sehingga wajah kita bersemu cantik dan berkilau.

2. Peremajaan Otot dan Sel Darah 

Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh. Suplai air putih yang cukup akan membuat proses peremajaan otot kita berjalan baik dan tidak tersendat. 

Pembaharuan otot dan sel darah adalah sesuatu yang penting agar tubuh kita senantiasa teap sehat dan bugar setiap hari. Jika peremajaan otot dan sel terganggung bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. 

3. Penyeimbang Sistem Getah Bening

Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.

Sebaliknya jika getah bening kita bermasalah maka tubuh kita juga sangat rentan terhadap penyakit. Penyakit ringan yang menimpa kita bisa jadi akan semakin akibat system getah bening kita tidak berjalan baik. 

4. Menyehatkan Limpa

Air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan menghidrasi tubuh, bisa memaksimalkan fungsi tubuh Anda dalam seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

5. Melangsingkan Tubuh

Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

Dengan mengkonsumsi air putih rutin dipagi hari akan sangat membanu anda untuk membentuk tubuh anda seswuai dengan keinginan. Masuknya ir putih di pagi hari juga membantu kita untuk tidak langsung santap makanan yang berat yang justru akan memperparah berat tubuh anda

6. Membersihkan Usus

Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan meminum air dalam keadaan perut kosong, kita membantu memurnikan usus kembali dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk berikutnya.

7. Menambah Darah

Saat Anda merasa lemas, pusing dan anemia, ada baiknya minum air dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kita bisa membantu tubuh membentuk sel darah yang baru dan membantu pembentukan sel otot.

8. Menyehatkan Ginjal 

Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

9. Memperlancar BAB

Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.
Nah..kalau sudah membaca berbagai manfaat minum air putih ini, masih malas minum air putih? Setelah bangun tidur, daripada mengambil remote TV, lebih baik ambil segelas air putih untuk kesehatan Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES