Gaya Hidup

Kesalahan Dalam Menggunakan Mesin Cuci

Jumat, 03 Februari 2017 - 06:21 | 87.65k
ILUSTRASI: Penggunakan Mesin Cuci. (Foto: plus.google)
ILUSTRASI: Penggunakan Mesin Cuci. (Foto: plus.google)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mesin cuci peralatan rumah tangga yang sudah tak asing lagi. Keberadaan meskn cuci sangat membantu pekerjaan rumah. Dengan sekali pencet, mesin cuci akan melakukan tugasnya.

Namun ditemukan masih banyak yang melakukan kesalahan saat mencuci menggunakan mesin. Tim Litbang Times Indonesia sudah menrangkumnya untuk anda.

Menuangkan deterjen langsung pada baju

Yang satu ini memang sudah biasa kita lakukan. Namun, sebenarnya cara tersebut keliru. Menuangkan deterjen langsung setelah menaruh baju di mesin cuci sebenarnya kurang efektif. 

Cara terbaik agar baju benar-benar bersih setelah dicuci adalah dengan menaruh baju terlebih dahulu, kemudian merendamnya dengan air, dan terakhir tuangkan deterjen. Namun, jika Anda menggunakan pemutih, pertama-tama tuangkan air, lalu taruh baju dan terakhir tuangkan deterjen.

Memaksa pengering bekerja terlalu keras

Jika Anda punya waktu untuk mengeringkan cucian Anda, sebaiknya tetap menjemur dan mengangin-anginkannya. Cara tersebut tak hanya menghemat energi, tapi pakaian juga akan lebih lembut dan halus, serta tidak membuat baju jadi melar. Selain itu, sebaiknya hindari menaruh baju hingga terlalu penuh di pengering agar hasil lebih optimal.

Membiarkan risleting terbuka

Tahukah Anda? Risleting yang terbuka bisa merobek kain yang halus serta menggores penutup mesin cuci. Jadi, pastikan menutup semua retsleting baju sebelum Anda menaruh semua cucian Anda di dalam mesin cuci. 

Selain itu, bra yang tidak dikaitkan juga bisa secara tak sengaja mengoyak kain pakaian yang halus. Menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terlewatkan ini bisa membuat pakaian tetap awet.

Tidak mengecek apakah pakaian luntur

Jika Anda baru saja membeli baju dan ingin mencucinya untuk pertama kali, jangan lupa untuk melakukan tes apakah warna kainnya luntur atau tidak saat dicuci. Sebelum terlanjur menyesal karena baju-baju Anda yang lain jadi terkena luntur, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan merendamnya bersama pakaian lain yang sudah lawas, contohnya kaus kaki putih Anda yang sudah usang.

Tidak membersihkan mesin cuci

Sering terlupakan, yang satu ini sangatlah penting terutama untuk menjaga mesin cuci agar tetap awet. Bersihkan mesin cuci Anda setidaknya satu kali dalam satu tahun atau enam bulan. Berikutcaranya:

1. Tuang air panas ke mesin cuci, kemudian nyalakan
2. Tuang dua gelas cuka atau jus lemon pada mesin cuci untuk merontokan kotoran
3. Tunggu beberapa menit, kemudian buang
4. Nyalakan kembali mesin cuci, tuang air panas untuk membilas sisa-sisanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES