Indonesia Positif

Market Day, Asah Jiwa Entrepreneur Siswa Mufourga

Kamis, 02 Februari 2017 - 12:52 | 53.68k
Ketua Majlis Dikdasmen PCM Slinga saat meninjau peserta market day MTs Muhammadiyah 04 Slinga, (Kamis, 26/1/2017). (Foto : Aris Pujianto/TIMES Indonesia)
Ketua Majlis Dikdasmen PCM Slinga saat meninjau peserta market day MTs Muhammadiyah 04 Slinga, (Kamis, 26/1/2017). (Foto : Aris Pujianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Ranah pendidikan bagi siswa tidak hanya kognitif saja, namun afektif dan psykomotor juga perlu perhatian yang serius, maka MTs Muhammadiyah 04 Slinga, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengadakan kegiatan market day di sela-sela pelaksanaan tryout SD/MI dan perlombaan, Ahad (22/1/2017) dan Kamis (26/1/2017) yang lalu.

Kegiatan dua hari itu diikuti masing-masing kelas dengan membuka lapak-lapak untuk berjualan berbagai jenis jajanan yang disukai anak-anak. Mulai dari aneka minuman dingin dan hangat serta berbagai jenis makanan rebus, gorengan dan buah-buahan. Semua jenis minuman dan makanan adalah kreasi atau produksi sendiri masing-masing kelas.

Menurut ketua OSIS/IPM Eka Safitri, mengatakan jenis jajanan yang dijual sudah diatur sedemikian rupa, sehingga harapannya beberapa lapak yang ada, dapat menjual jajanan yang bervariasi dan pembeli akan leluasa memilih jajan yang disukainya.

"Alhamdulillah selama dua hari kami berjualan dapat menyerap dana dari pembeli sejumlah hampir 1,5 juta. Suatu perolehan yang sangat banyak untuk ukuran siswa MTs". "Imbuh Eka.

Sementara itu pembina OSIS/IPM Machmud Yulianto pada saat rapat evaluasi kegiatan, Kamis (2/2/2017) menyampaikan apresiasi atas semangatnya para siswa untuk menangkap peluang di momentum kegiatan milad mufourga ini. "Apabila satu anak membawa uang saku Rp. 5000,-, apabila ada 400 anak, maka akan ada uang beredar sekitar Rp. 2.000.000,-". "Kata Machmud.

Selanjutnya disampaikan bahwa, "Selain belajar menangkap peluang, siswa diharapkan tumbuh jiwa wirausahanya untuk bekal kehidupannya di masa yang akan datang". "Pungkas Machmud. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES