Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Menyikapi Hoax, Unisma Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

Kamis, 02 Februari 2017 - 11:34 | 212.29k
Lomba Karya tulis ilmiah antar SMA/MA/SMK se Kabupaten Pacitan dengan tema
Lomba Karya tulis ilmiah antar SMA/MA/SMK se Kabupaten Pacitan dengan tema "Mengelola Informasi di Media Sosial yang Cerdas dan Sehat" pada Kamis (2/2/2017). (Foto: Istimewa)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Menjamurnya berita hoax diberbagai media sosial akhir-akhir ini mencemaskan semua pihak. Kegelisahan ini disikapi oleh FKIP Unisma dengan menyelenggarakan Lomba Karya tulis ilmiah antar SMA/MA/SMK se Kabupaten Pacitan dengan tema "Mengelola Informasi di Media Sosial yang Cerdas dan Sehat" pada Kamis (2/2/2017).

Muhammad Yunus,  S. Pd.,  M. Pd. Ketua Panitia kegiatan ini menyampaikan kegiatan LKTI ini diikuti oleh 20 tim se Kabupaten  Pacitan.  Dari karya yang masuk selanjutnya dipilih 5 tim untuk dipresentasikan guna  memperebutkan juara 1,2,3 dan harapan 1 dan 2.

Lomba-karya-ilmiahfsmN3.jpg

Salah satu  tim dari SMA Negeri 2 Pacitan mengangkat judul Hoax menggunakan media sosial mampu mengancam keamanan negara.  Sedangkan SMK Negeri Kebonagung Pacitan mengangkat tema Pengaruh Sosial Instagram terhadap Moral sebagai Pembentuk Identitas Diri Remaja.

Dari pembahasan yang sangat menarik itu didapakan kesimpulan bahwa penggunaan media sosial yang tidak tepat akan berdampak bahaya pada keamanan negara.  Oleh karenanya tim LKTI mengajak para remaja untuk cerdas dalam menggunakan Media Berita.

"Dampak dari berita hoax sedikitnya ada lima hal.  Pertama timbul fitnah.  Kedua muncul kepentingan kelompok.  Ketiga timbul egoisme berlebihan.  Keempat perpecahan dan permusuhan.  Dan kelima mengancam kepentingan umum dan negara," tegas delegasi dari SMA Negeri 2 Pacitan.  Sehingga  dibutuhkan kecerdasan dan kebijaksanaan dalam bermedia sosial.

Lomba-KaryanOM1j.jpg

Para juara LKTI ini secara berurutan juara 1 sampai harapan 2 adalah: SMK Negeri Kebonagung Pacitan,  SMA Negeri 2 Pacitan,  SMK Negeri 1 Donorojo Pacitan,  SMK Negeri 1 Donorojo Pacitan,  dan SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika Pacitan.

Para juara mendapatkan Tropi Bupati Pacitan,  Piala Rektor,  Piala Wakil Rektor 1, Piala wakil Rektor 2, Piala Wakil Rektor 3, uang tunai,  dan voucher melanjutkan studi ke Universitas Islam Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES