Gaya Hidup

Terlalu Sering Keramas, Ini Dampak Negatifnya

Rabu, 01 Februari 2017 - 09:28 | 187.75k
ILUSTRASI. Terlalu sering keramas picu gannguan jantung. (Foto: Youtube)
ILUSTRASI. Terlalu sering keramas picu gannguan jantung. (Foto: Youtube)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Terlalu sering keramas ternyata tidak baik untuk tubuh manusia. Sebuah studi dari University of Utah menemukan, berlebihan dalam mencuci rambut dapat merusak mikrobioma manusia.

Mikrobioma manusia merupakan kumpulan bakteri, virus dan mikroba yang hidup di tubuh manusia, yang dinilai para ilmuwan penting untuk kesehatan manusia. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terlalu sering mencuci rambut dengan sampo dapat mengganggu keragaman organisme mikro pada manusia.

Terganggunya ekosistem mikrobioma dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti gangguan sistem imun, pencernaan dan serangan jantung. Meski demikian, studi ini belum mengetahui seberapa sering seharusnya orang bersampo.

Selain dapat memicu beberapa penyakit seperi pencernaan dan serangan jantung, dilansir dari cnnindonesia.com, menggunakan sampo yang tidak merata dari kulit kepala hingga ujung juga memicu kerusakan rambut. 

Sampo juga dapat mengakibatkan bakteri jahat berkembang  apalagi jika bercampur dengan keringat. Bakteri itu menimbulkan peradangan, gatal, dan nyeri.

Ahli dermatologi New York, Debra Jaliman, menyarankan untuk membersihkan rambut tidak dengan berlebihan dan tak menggunakan shampo yang memiliki derajat keasaman (pH).  

Jika memang harus mencuci rambut setiap hari atau memiliki kulit kepala yang sensitif, Jaliman merekomendasikan untuk menggunakan sampo bayi yang lembut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES