Kesehatan

Kurang Buah dan Sayur, Bayi Berisiko Alzheimer

Rabu, 01 Februari 2017 - 04:19 | 34.58k
ILUSTRASI. Wanita hamil. (Foto: aljamila.com)
ILUSTRASI. Wanita hamil. (Foto: aljamila.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memenuhi asupan sayur dan buah-buahan saat hamil menjadi hal yang harus dilakukan wanita hamil. Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di University of British Columbia menemukan kekurangan asupan buah dan sayur, terutama vitamin A, dapat meningkatkan risiko alzheimer pada bayi saat dewasa.

Kekurangan vitamin A ringan, dapat meningkatkan produksi jenis protein yang merusak sel otak pada penyakit Alzheimer. Risiko ini bisa dimulai di dalam rahim jika ibu hamil tidak makan cukup buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

"Penelitian kami jelas menunjukkan bahwa kekurangan marjinal vitamin A, bahkan pada awal kehamilan, memiliki efek yang merugikan pada perkembangan otak janin," kata Dr Weihong Song, dari University of British Columbia, dikutip dari thesun.co.uk.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Acta Neuropathologica ini memiliki bukti baru yang menyebutkan bahwa kekurangan vitamin A dapat memengaruhi pengembangan Alzheimer pada tahun-tahun kemudian.

Meski vitamin A sangat dibutuhkan, ibu hamil tidak harus mengonsumsi suplemen vitamin A berlebihan. Cukup mengonsumsi buah dan sayur demi mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES