Gaya Hidup

Bukan Hanya Mencari Uang, Ayah Juga Perlu Dekat dengan Anak

Senin, 30 Januari 2017 - 02:15 | 26.70k
ILUSTRASI - Kedekatan ayah dengan anak (Foto: insdrcdn)
ILUSTRASI - Kedekatan ayah dengan anak (Foto: insdrcdn)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kedekatan antara ayah dan anak sangat diperlukan untuk anak. Sesibuk apapun seorang ayah harus memiliki kedekatan dengan anak. Anak yang dekat dengan ayahnya diharapkan dapat lebih tegas dalam mengambil keputusan dan lebih terampil dalam menghadapi persoalan sosial.

Menurut Psikolog Fabiola P. Setiawan, MPsi, kedekatan ayah dan anak dapat menciptakan pribadi yang baik pada anak. Kedekatan ini juga bisa membangun kelekatan emosi diantara keduanya. Kedekatan hubungan ayah dan anak juga bermanfaat membuat anak tumbuh sebagai pribadi yang lebih mandiri, berani, tangkas, dan luwes.

Kedekatan antara ayah dan anak juga memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak. Kedekatan ayah berperan besar dalam aspek kognisi, motorik, dan keterampilan bersosialisasi. Menurut Fabiola, dari aspek kognisi, ayah dapat melatih daya nalar, daya ingat, wawasan, daya tangkap, dan kemampuan anak dalam memecahkan persoalan melalui kegiatan dan permainan yang dilakukan bersama.

Dalam aspek keterampilan bersosialisasi, ayah berperan dalam melatih cara berteman yang baik, memberi dukungan saat anak menghadapi lingkungan baru, dan melatih penyesuaian diri anak melalui diskusi, pengalaman , dan role play.

Beberapa ayah mungkin susah untuk dekat dengan anak karena alasan pekerjaan. Pada dasarnya, waktu yang singkat bukanlah penghalang agar bisa dekat dengan anak. Seorang ayah harus bisa memanfaatkan waktu yang terbatas agar bisa membuat anak merasa dekat dan berkesan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES