Gaya Hidup

Wah! Dongeng Bantu Pengaruhi Perkembangan Anak

Senin, 30 Januari 2017 - 01:18 | 32.29k
ILUSTRASI - Dongeng Bantu Pengaruhi Perkembangan Anak (Foto: shopify)
ILUSTRASI - Dongeng Bantu Pengaruhi Perkembangan Anak (Foto: shopify)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasaan orang tua untuk mendongeng pada anak seakan semakin jarang dilakukan. Padahal membacakan dongen untuk anak sebelum tidur memiliki efek kuat dalam perkembangan emosional  anak. Berdasarkan hasil survei dari 500 anak berumur  tiga sampai delapan tahun, ternyata mendengar dongeng sebelum tidur membantu mereka tidur lebih baik.

Di tengah kesibukan orang tua yang semakin padat, usahakan untuk menyempatkan sedikit waktu membacakan dongeng untuk anak. Karena mendongeng memiliki dampak positif berikut.

1. Memberikan teladan
Anda dapat memberikan contoh sikap-sikap atau perbuatan terpuji dan menghindari sikap atau perbuatan yang buruk dari cerita yang dibacakan. Mendongeng adalah cara paling efektif untuk menanamkan gagasan atau pemikiran, nilai moral, budi pekerti serta konsep sebab akibat terutama pada anak.  

2. Memotivasi anak
Saat Anda menceritakan sebuah dongeng, biasanya sang anak berimajinasi sebagai tokoh jagoan yang berhasil memecahkan berbagai masalah. Atau bisa juga anak perempuan Anda berimajinasi menjadi seorang putri seperti dongeng yang Anda ceritakan padanya. Inilah kesempatan Anda untuk memotivasi sang anak melalui sebuah dongeng. 

3. Mengajarkan berkomunikasi
Untuk anak yang belum dapat berkomunikasi, Anda dapat merangsang kemampuan berkomunikasi verbal sang anak dengan cara membacakan dongeng atau cerita yang mudah dimengerti. 

4. Meningkatkan kecerdasan anak
Anak yang cerdas adalah anak yang mendapat stimulasi tepat sesuai dengan usianya, terutama pada usia keemasan atau golden ages (usia 0-5 tahun). Pada usia ini anak membutuhkan stimulasi agar meningkatkan kecerdasan anak, dan salah satunya adalah dengan mendongeng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES